6 Nutrisi Penting agar Ibu Menyusui Tak Gampang Lemas

ads


Menyusui adalah salah satu bagian yang penting dan juga tersulit dari peran perempuan sebagai ibu baru. karena pemberian ASI tidak jarang dapat membuat tubuh sang ibu menjadi mudah lemas. Dan rasa letih tersebut akan semakin terasa bila tubuh tak ditopang dengan asupan gizi yang memadai.
Tidak jauh beda dengan kondisi pada saat hamil, di saat menyusui pun seorang ibu perlu mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman dengan nutrisi seimbang. Karena tubuh membakar 500 kalori setiap harinya untuk memproduksi ASI. Bila asupan gizi harian tidak mencukupi, maka tubuh seorang ibu rawan letih.

6 Nutrisi Penting agar Ibu Menyusui Tak Gampang Lemas

Berikut ini merupakan nutrisi yang perlu ada di dalam makanan harian ibu menyusui, apa saja itu? Mari kita simak bersama.
1. Asam folat
Untuk Ibu hamil, dianjurkan agar mengkonsumsi asam folat untuk menghindari bayi dari resiko cacat otak. Pada saat menyusui pun kandungan asam folat perlu ada dalam menu makanan harian ibu. Karena asupan asam folat amat penting agar supaya perkembangan otak bayi dalam usia tiga bulan pertama.
Dalam periode ini, bayi cuma dapat memperoleh asupan folat lewat ASI. Karena itulah penting untuk ibu untuk mengkonsumsi makanan yang kaya asam folat atau suplemen khusus.
Berbagai sumber makanan yang kaya akan kandungan asam folat ialah gandum utuh, pepaya, bayam, kembang kol, okra, dan jamur.
2. Asupan cairan
Seorang pakar layanan Laktasi di Texas Children's Hospital Pavilion for Women, bernama Nancy Hurst, Ph.D., R.N., mengatakan bahwa pasokan cairan yang tinggi akan membuat jumlah ASI yang diproduksi jadi meningkat itu hanyalah mitos. Akan tetapi mengkonsumsi cairan dalam jumlah memadai juga termasuk penting untuk ibu.
Asupan cairan ini akan membantu seorang ibu untuk lebih cepat pulih dari stres fisik pasca melahirkan. Selain itu juga cairan yang cukup akan berperan untuk menjaga level energi.
3. Multivitamin
Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, ibu juga perlu dibekali dengan multivitamin. Idealnya ialah ibu menyusui memperoleh asupan 400 mikrogam mineral dari suplemen bagi wanita. Multivitamin juga mampu menurunkan resiko stres karena kurangnya kesempatan makan di siang hari.
Multivitamin apa saja yang cocok, sebaiknya konsultasi dengan dokter kandungan ibu.
4. Kalsium
Bila tubuh tak memperoleh asupan mineral kalsium yang cukup, maka tubuh akan mengambilnya dari tulang ibu bertujuan agar memastikan ASI mengandung cukup kalsium untuk si bayi.
Susu, jus jeruk, yoghurt, keju, dan brokoli adalah beberapa bahan makanan yang dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan kalsium ibu setiap harinya.
5. Asam lemak omega-3
Perbanyaklah konsumsi ikan karena kaya akan kandungan omega-3. Omega-3 tak hanya baik untuk ibu, namun juga untuk tumbuh kembang bayi. Menurut, seorang dokter anak di Camden, New Jersey, bernama Lori Feldman-Winter, M.D., asam lemak omega-3 sangat penting bagi tumbuh kembang otak dan mata anak.
Ibu dapat memperoleh asupan asam lemak omega-3 dari jenis ikan-ikanan berminyak. Beberapa di antaranya ialah ikan teri, salmon,kembung, ikan gabus dan sarden.
6. Makanan pendukung laktasi
Bahan makanan yang dapat membantu untuk kelancaran ASI seperti daun kelor, gandum, fenugreek, kedelai, dan fennel dapat membantu untuk memperkaya nutrisi dan juga produksi ASI.
Bila ibu enggan dalam mengonsumsinya secara langsung, sekarang telah banyak snack laktasi dari bahan-bahan yang telah disebutkan tadi. Misalnya lactation cookies.
Demikianlah aneka nutrisi penting yang dapat menunjang energi ibu menyusui. Pastikanlah kebutuhan akan nutrisi tersebut tercukupi setiap harinya agar supaya kondisi ibu selalu prima.

advertisement
Loading...
loading...