Kisah Umamah binti Abu al-Ash, Cucu Perempuan Rasulullah

ads


Kisah Umamah binti Abu al-Ash, Cucu Perempuan Rasulullah


Cucu perempuan Rasul yang bernama Umamah binti Abu al-Ash adalah salah seorang cucu yang menjadi kesayangan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau rasulullah pernah menggendongnya dikala shalat. Sehingga kita pun menjadi tahu tentang tata cara shalat sambil menggendong bayi. Berikut ini merupakan kisah singkat dari keluarga nabi ini.


Nasabnya
Umamah adalah putri dari Abu al-Ash bin ar-Rabi’ bin Abdu al-Uzza bin Abdu asy-Syams bin Abdu Manaf bin Qushay. Ibunya ialah Zainab putrii Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam. Umamah merupakan cucu pertama Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sehingga menjadi wajar bila ia disebuts sebagaii kesayangan Nabi. Sebagaimanaa pada umumnyaa seorang kakek yang memperoleh cucu pertamanya.
Dari silsilah nasab, tentu Umamah punya nasab terbaik. Ia terlahirr dari keluarga yang terbaik. Kakeknya adalah manusia yang paling mulia di alam semesta ini. Dan neneknyaa, Ummul Mukminin yakni Khadijah radhiallahu ‘anha, juga tak lain adalah seorang wanita terbaik di dunia dan akhirat. Dan ibunya ialah putri tertua Nabi.
Sementara dari ayahnya, Abu al-Ash, merupakan seorang laki-laki Mekah yang sudah dikenal memiliki akhlak yang mulia. Dia juga telah digelari al-amin (jujur dan terpercaya) oleh para penduduk Mekah. Seorang pedagang yang jujur, yang menunaikan hak-hak orang lain. dia amat sangat menaruh hormat dan cinta pada mertuanya, Rasulu shallallahu ‘alaihi wa sallam. Terbukti dengan sering sekali dia berkunjung ke rumah ayah mertuanya itu karena dia menaruh hormat kepada beliau. Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam memujinya di depan sahabat-sahabat nabi:
حَدَّثَنِي فَصَدَقَنِي، وَوَعَدَنِي فَأَوْفَى لِي …
“dia berkata kepadaku dengan jujur. Dan selalu memenuhi janjinya kepadaku…” (Hadits Riwayat al-Bukhari).

Kedudukan Umamah di dalam Hati Rasulullah
Umamah merupakan cucu kesayangan Rasulullah. Beliau nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernahh shalat sambil menggendongg Umamah binti Abu al-Ash di bagian bahu beliau. Bila rukuk, beliau letakkan. Pada saat berdiri, beliau pun menggendong kembalii (Ath-Thabaqat al-Kubra).
Dan diriwayatkan dari Ummul Mukminiin Aisyah radhiallaahu ‘anha bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah diberi sebuahh kalung oleh seorang perempuann. Dan Belau pun bersabda,
لَأَدْفَعَنَّهَا إِلَى أَحَبِّ أَهْلِي إِلَيَّ
“Aku akan memberi hadiah ini pada keluargaku yang paling kucintai.”
Aisyah pergi bersamanya. Lalu Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam memanggil Umamah putri Zainab, dan kemudian mengalungkan hadiah tersebut di lehernya (al-Isti’ab fi Ma’rifati al-Ash-hab 4/1789. Riwayat Ahmad dalam Musnadnya 6/101).
Dari Ummul Mukminin Aisyah radhiallahu ‘anha, beliau bercerita bahwa an-Najasyi memberikan hadiah pada Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam sebuah perhiasan. Di antara perhiasan tadi adalah sebuah cincin emas. Beliau pun mengambil cincin tersebut dan mengirimkan pada putrinya Zainab. Beliau lalu berkata,
تَحَلِّي بِهَذَا يَا بُنَيَّةُ”
“Berhiaslah dengan ini cucuku.” (ath-Thabaqat al-Kubra Cet. al-‘Alamiyah 8/186. Sunan Abu Dawud No.4235, 2/493).
Kemudian Umamah pun memakainya. Dan menikmati kasih sayang, juga perhatian, dan kelembutan dari kakeknya.

Pernikahan Umamah
Fatimah binti Rasulullah radhiallahu ‘anha -bibi Umamah- berwasiat agar supaya Ali bin Abu Thalib menikahi Umamah pada sepeninggal beliau. Sesudah Fatimah wafat, Ali pun menikahi Umamah. Saat sepeninggal Ali, Umamah dinikahi oleh az-Zubair bin al-Awwam lalu al-Mughirah bin Naufal radhiallahu ‘anhuma.
Dia tidak memiliki keturunan dari pernikahannya. Sehingga Zainab yang tak lain adalah putri Rasulullah tak memiliki cucu (al-Isti’ab fi Ma’rifati al-Ash-hab 4/1789).

Wafatnya
Umamah binti Abu al-Ash radhiallahu ‘anhwa wafat pada saat berstatus sebagai istri al-Mughirah bin Naufal bin al-Harits radhiallahu ‘anhu. Dan referensi-referensi sejarah tak menyebutkan tentang detail kewafatannya.

Kisah Islami Lainnya

Nah, sobat expobia. Itulah tadi bahasan kita kali ini tentang Kisah Umamah binti Abu al-Ash, Cucu Perempuan Rasulullah. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan menambah keimanan dan ketaqwaan serta kecintaan kita pada nabi, keluargamua dan para sahabatnya. Terima kasih.
advertisement