Cara Mengobati Asam Lambung Berlebih

ads

Cara Mengobati Asam Lambung Berlebih.

Jika Anda mengalami asam lambung yang berlebih maka tentu  sangat tak mengenakkan.
Untuk dapat mengatasinya, seseorang harus tahu terlebih dahulu tentang manfaat dan juga efek samping saat asam lambung berlebih.
Asam lambung adalah cairan yang diproduksi dalam bagian organ pencernaan yang mengandung asam klorida. Manfaatnya adalah untuk mendukung bagi sistem pencernaan, dalam deteksi kuman maupun bakteri dari makanan dan juga minuman, juga untuk dapat membantu tubuh dalam menyerap kandungan vitamin B12.


Asam lambung yang rendah maupun berlebihan akan menimbulkan rasa sakit.
Asam lambung yang cukup tinggi umumnya diiringi dengan berbagai gejala. Di antaranya ialah: gangguan pada pernafasan dan bau nafas yang tak sedap.
Seorang yang memiliki masalah asam lambung tinggi juga seringkali bersendawa dan rasa perut kembung, seringnya mengalami sakit pada bagian tenggorokan dan juga terkadang disertai batuk yang berdahak.
Asam lambung tinggi akan menjadikan tubuh jadi lemah, tak bersemangat dan mudah sakit. Kulit akan jadi terlihat kusam, demam dan hingga rambut rontok.
Penyebab asam lambung ini diproduksi dengan berlebih ialah seperti orang yang menderita kecanduan ataupun obsesi dengan diet, kurangnya air minum, diabetes dan juga wanita yang sedang hamil.

Cara Mengatasi Masalah Asam Lambung
Menurut sebuah sumber informasi kesehatan, bahwa seseorang yang sedang mengalami masalah gangguan asam lambung perlu obat-obatan yang memiliki kandungan antasida.
Obat ini akan bekerja untuk mengatasi masalah gangguan lambung dan juga meringankan sakit perut, namun perlu dipahami pula bahwa dengan mengkonsumsi antasida yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan penyakit.
Dari berbagai cara mengatasi asam lambung, bisa pula dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami diantaranya sebagai berikut :
1. Pisang

Buah pisang memiliki banyak kandungan kalium yang diperlukan oleh tubuh untuk dapat membantu menyeimbangkan produksi asam lambung. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi lendir dalam perut sehingga akan sangat membantu untuk menurunkan kadar asam lambung. Untuk dapat mengatasi asam lambung berlebih maka dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang sebelum makan ataupun saat perut terasa tidak nyaman.

2. Susu Segar

Susu segar di sini yang dimaksud ialah jenis susu yang diolah dari susu murni tanpa adanya campuran. Makanan yang memiliki kandungan kalsium sangat tinggi ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar asam lambung. Selain itu juga bahwa susu bisa menjadikan perut jadi terasa lebih nyaman, juga untuk meningkatkan pH dalam saluran pencernaan dan juga mengurangi kandungan asam lambung yang berlebihan.

3. Jahe

Jahe merupakan tanaman rimpang yang amat ampuh untuk mengatasi masalah asam lambung. Tanaman ini memiliki kandungan zat khusus yang mampu mengatasi sakit perut ataupun perut yang tak nyaman saat asam lambung terlalu tinggi. Cara untuk mengobati asam lambung dengan jahe ialah dengan memasukkan jahe yang telah disangrai ke dalam minuman teh ataupun susu. Minumlah sebelum tidur dan akan terasa lebih baik setelah bangun.


4. Apel




Buah yang memiliki rasa manis dan asam, apel bermanfaat untuk menurunkan produksi asam lambung. Buah ini bisa membantu enzim yang ada dalam tubuh untuk mengatur produksi asam lambung. Bagi orang-orang yang mengalami masalah asam lambung maka sangat disarankan untuk mengonsumsi buah apel sebanyak dua buah perhari.

5. Teh Hangat

Teh sudah menjadi salah satu ramuan alami yang mampu mengatasi masalah asam lambung. Konsumsilah jenis teh hitam, hijau ataupun teh yang dicampur dengan daun melati. Teh memiliki kandungan senyawa khusus yang dapat membantu untuk menenangkan asam lambung dan juga mengurangi produksi asam lambung dalam waktu yang amat cepat. Untuk dapat mengatasi asam lambung maka janganlah minum teh panas karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Maka, lebih baik bila minum teh hangat.

6. Makanan yang dengan kandungan Vitamin B

Makanan yang memiliki kandungan vitamin B, utamanya B2 dan B6 bisa menekan produksi asam lambung. Cara ini sangat disarankan bagi ibu hamil agar dapat menghilangkan gangguan masalah asam lambung yang umumnya muncul selama masa kehamilan. Beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ialah hati, bayam, ikan salmon, jenis kacang-kacangan, ikan tuna dan juga ikan sarden.

Mencegah asam lambung naik
Asam lambung baik untuk tubuh, namun produksi asam terlalu rendah ataupun terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Maka, sebelum hal itu terjadi, agar perlu diketahui tentang beberapa langkah untuk mencegahnya.
·         Ubah gaya hidup
Gaya hidup sehat punya peran yang amat besar untuk menjaga kesehatan asam lambung ini. Beberapa orang tak sadar bahwa gaya hidup yang tampak biasa, rupanya memiliki efek buruk bagi asam lambung. Kebiasaan-kebiasaan tersebut diantaranya:
- Hentikanlah kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol
- Biasakan berolah raga ringan dengan teratur 
- Konsumsilah air minum cukup untuk dapat mencegah dehidrasi, dianjurkan pula minum air mineral minimal 8 gelas per hari.
- Jagalah pola istirahat dan hindarilah stres. Karena orang yang kurang tidur akan mengalami gangguan masalah produksi asam lambung yang akan berdampak sangat buruk bagi tubuh.

·         Jaga pola makan
Walau bagaimanapun, makanan dapat menjadi sumber penyebab asam lambung yang cukup besar karena akan berdampak yang langsung yang terjadi pada lambung dan juga bagian perut lain utamanya usus.
Oleh karena itu, seseorang perlu mengatur pola waktu makan dan juga porsi yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pula, terdapat berbagai jenis makanan pantangan bagi asam lambung yang perlu untuk dihindari bagi orang dengan riwayat asam lambung tinggi.
Adapun jenis-jenis makanan yang perlu dihindari bagi penderita asam lambung tinggi, ialah sebagai berikut :
  • Makanan yang terlalu asam dan pedas
  • Makanan yang mengandung banyak lemak
  • Makanan yang berkarbonasi
  • Makanan yang memiliki kandungan alcohol
  • Makanan yang mengandung banyak minyak

Selain beberapa jenis makanan tersebut, ada baiknya tak makan berlebih dalam sekali waktu. Hindarilah minuman dingin sesudah mengkonsumsi makan yang mengandung karbohidrat. Bila sedang diet, maka konsumsilah makanan yang memiliki kandungan nutrisi seimbang bagi tubuh dan hindarilah diet yang tidak sehat.


Perlu diketahui pula bahwa asam lambung yang menjadi perut atau bagian lambung jadi kurang nyaman dapat menyebabkan gangguan penyakit pada bagian lambung seperti diantaranya maag, tukak lambung ataupun kanker.
Nah sobat, itulah tadi beberapa hal yang dapat kami bagikan kepada anda tentang cara mengobati asam lambung semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam sehat.
advertisement
Loading...
loading...