Cara Mengatasi Kram Perut Secara Cepat dan Ampuh

ads

Cara mengatasi kram perut boleh dibilang Tak terlalu susah karena cukup dengan beberapa langkah yang mudah dan tepat maka rasa kram pada bagian perut akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi sebelum kita membahas tentang bagaimana cara untuk mengobati kram perut ini maka ada baiknya bila kita mengetahui terlebih dahulu tentang apa sih kram perut ini? dan apa saja penyebabnya agar supaya kita dapat mencegah penyakit ini.



Kram perut adalah sebuah kondisi yang mana si penderita akan merasa rasa sakit yang sangat hebat pada bagian perutnya seperti serasa melilit, kaku dan terasa diremas-remas. Dalam dunia medis, kram perut ini di dikenal dengan istilah colic abdomen. Meski terlihat sepele akan tetapi kram perut perlu tetap diwaspadai karena kadangkala kram perut yang terasa bisa saja sesuatu yang normal ataupun tidak normal.

Beberapa Penyebab Kram Perut Pada Orang Normal
1. Ganguan Pencernaan
Adapun Penyebab pertama yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kram perut ialah karena adanya gangguan pada bagian sistem pencernaan yang dikarenakan infeksi. Selain itu juga, terkadang pula kram perut ini juga menandakan bahwa terdapat kanker ganas di dalam perut.

2. Peradangan
Kemudian penyebab berikutnya ialah karena adanya peradangan pada bagian usus dan lambung. Maka, jangan heran bila seseorang yang memiliki sakit maag akut akan mudah untuk mengalami kram pada perut karena orang yang memiliki sakit maag lambungnya akan lebih mudah terluka dan dapat mengalami peradangan.

3. Alergi Makanan
Alergi makanan juga dapat menjadi sebuah penyebab perut Anda jadi kram. Maka dari itu perhatikanlah apa yang Anda konsumsi karena jika salah sedikit saja akan sangat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

4. Usus Buntu
Kram perut juga dapat menandakan bahwa Anda terkena penyakit usus buntu karena menurut para ahli saat usus buntu tersumbat maka dapat menyebabkan perut jadi kram, bahkan rasa sakitnya dapat membuat seseorang jadi pingsan.

Cara Mengatasi Kram Perut

1. Istirahat
Hal pertama yang perlu Anda lakukan bila tiba-tiba sedang mengalami kram pada perut ialah dengan beristirahat karena umumnya jika kita banyak bergerak akan menjadikan perut kita akan terasa semakin sakit. Bila Anda mengalami masalah kram perut saat sedang berolahraga maupun karena hal lain maka langkah pertama yang perlu Anda lakukan agar mengatasi masalah ini ialah istirahat.

2. Konsumsi Air Putih
Cara kedua, setelah Anda beristirahat maka cobalah untuk konsumsi air putih agar rasa sakit pada bagian perut Anda sedikit berkurang. Air putih dapat membantu dalam mengurangi kadar asam lambung yang ada dalam tubuh sehingga akan amat baik dan cukup membantu dalam mengatasi masalah kram perut ini.

3. Memakai Botol Air Hangat
Jika cara kedua belum berhasil untuk dapat meredakan rasa sakit karena kram perut ini maka Anda dapat memakai botol air hangat yakni cara membuatnya cukup simple, dengan memasukkan air hangat kuku kedalam botol plastik dan kemudian tempelkan pada bagian perut Anda yang terasa sakit. Cara ini diyakini dapat membantu untuk meredakan rasa sakit yang muncul karena kram perut sekaligus juga untuk mengendurkan otot-otot yang kencang.

4. Minuman Wedang Jahe
Wedang jahe juga dapat Anda gunakan dalam mengatasi masalah kram perut sekaligus juga dapat meredakan rasa nyeri. Cara pembuatannya sangat mudah yakni panaskan terlebih dahulu air sampai mendidih lalu setelah itu baru masukan jahe, serai, sedikit garam dan daun pandan kemudian tunggu sampai tercium aroma khas dari jahe. Lalu saringlah wedang jahe tadi dan masukkan ke dalam gelas.

5. Mengkonsumsi Obat
Bila beberapa cara diatas tak juga berhasil untuk meredakan rasa nyeri karena kram perut ini maka segera untuk mengkonsumsi obat acetaminophen dan ibuprofen. Bila tak juga menunjukan reaksi maka silahkan untuk segera periksa pada dokter karena siapa tahu terdapat penyakit serius didalam tubuh.

Nah, sobat Sehat. Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi kram perut secara alami yang dapat Anda lakukan dirumah. Biasanya kram perut bisa datang dengan tiba-tiba dan hilang dengan sendirinya, akan tetapi perhatikan jika kram pada perut tak mau hilang selama berhari-hari maka segeralah untuk periksa ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang cepat dan tepat. 
Sebagai tambahan, cara mencegah kram perut ini pada dasarnya sangatlah mudah yakni usahakan Anda agar selalu menjaga pola makan dan menghindari stres yang berlebih. 
Sekian dari kami dan semoga bermanfaat untuk anda semua. Wassalam.

advertisement
Loading...
loading...