7 Obat Tradisional Penyakit Maag yang Bisa Meredakan Maag dengan Cepat

ads

7 Obat Tradisional Penyakit Maag yang Bisa Meredakan Maag dengan Cepat - Salah satu penyebab utama penyakit maag adalah adanya peningkatan asam lambung berlebihan di lambung. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tidak memilih jenis obat secara sembarangan. Jika memungkinkan gunakan saja obat tradisional penyakit maag yang rata-rata tidak menyisakan efek samping. Bisa dengan cara membuatnya sendiri maupun membeli obat yang sudah jadinya.

Kalau Anda berniat membeli, Anda perlu cek dulu apotek atau tempat jual obat tradisional yang banyak anda temui. Cek apakah toko obat tersebut pernah tersandung kasus kriminal atau tidak. Lalu tanyakan perihal penyakit maag kepada penjual obat tersebut, tentunya ini untuk menguji pengetahuannya. Hal ini untuk mengantisipasi, agar obat tradisional yang dibeli benar-benar aman dan berkhasiat.

obat tradisional penyakit maag


Kalau mau membuat sendiri obat tradisional untuk penyakit maag, maka berikut ini adalah uraian tentang 7 obat tradisional yang bisa Anda coba mengobati penyakit maag.

7 Obat Tradisional Penyakit Maag


1. Lidah Buaya

Keberadaan lidah buaya sebetulnya mudah ditemukan. Tumbuhan ini mampu bertahan dari serangan musim kemarau terpanas sekalipun. Beruntung kalau Anda sudah memiliki tanaman lidah buaya sendiri di rumah Anda. Karenanya tumbuhan ini bisa juga dijadikan obat tradisional untuk sakit maag. Tidak hanya untuk kecantikan saja, tenyata Lidah buaya juga berguna untuk obat tradisional maag.
Ada resep dengan lidah buaya yang bisa Anda terapkan sendiri. Caranya dengan mengupas kulit lidah buaya. Hilangkan lendirnya. Setelah itu rebus lidah buaya ke dalam air yang sudah mendidih. Kalau airnya sudah mulai menyusut, baru diambil. Biar tidak terasa pahit, bisa Anda tambahkan madu atau yang manis-manis sebagai penawar. Lalu jadikan lidah buaya menjadi jus yang segar dan enak untuk dinikmati.
Proses pengobatan dengan lidah buaya terbilang ampuh untuk meredakan penyakit maag. Bahkan untuk seorang yang menderita penyakit maag kronis pun lidah buaya tergolong sangat bagus sebagai obat. Sebagai pengobatan, jus lidah buaya ini usahakan diminum sebanyak 1 kali dalam sehari. Tentu saja minumlah jus lidah buaya dengan rutin, sampai penyakit maag Anda sembuh.

2. Kacang Hijau

Rupanya selain dijadikan bubur yang enak, kacang hijau juga cukup ampuh mengobati penyakit maag. Di dalam sebutir kacang hijau, terdapat kandungan yang mampu menurunkan kadar asam lambung yang tinggi. Lagi pula butiran-butiran kacang hijau ini mudah sekali didapatkan di area pasar tradisional. Jika sudah beli tinggal membuatnya dangan resep yang sangat mudah.
Caranya dengan merendam kacang hijau selama kira-kira 30 menit. Setelah itu, rebus kacang hijau ke dalam air mendidih kira-kira seukuran 3 gelas. Kalau airnya tinggal setengah, makan saja kacang hijau itu dengan air rebusannya. Dalam sehari, Anda boleh mengonsumsinya sebanyak 3 kali. Dalam sekali konsumsi, dosisnya cukup dengan 1-2 sendok makan saja.

3. Bawang Putih

Bumbu dapur ini memang terkenal sangat serbaguna. Tanpa adanya bawang putih, mungkin masakan apa pun terasa kurang gurih dan nikmat. Tapi tahukah Anda kalau bawang putih juga bisa menyembuhkan penyakit maag? Untuk membuat resep sendiri cukup mudah, paling tidak Anda bisa mengikuti cara-cara berikut ini.
Pertama-tama, geprek kasar lebih dulu 3 siung bawang putih. Kemudian seduh menggunakan air panas. Selagi masih hangat, minumlah air seduhan bawang putih itu. Jadi jangan diminum beserta bawangnya. Agar efeknya lebih manjur, dalam sehari sebaiknya diminum sebanyak 2 kali secara teratur, niscaya mampu mengobati penyakit maag anda. Lagi pula, bawang putih itu cukup murah dan mudah didapat juga khan?

4. Daun Salam

Bicara tentang obat tradisional penyakit maag, tentu tidak bisa terlepas dari daun salam. Daun ini sudah lama terkenal sebagai bagian dari penyedap rasa alami. Ternyata di balik bau harumnya, khasiat daun salam juga bisa menyembuhkan penyakit maag. Biar asam lambung Anda semakin turun, bikin resepnya dengan cara yang benar. Bagaimana caranya?
Siapkan dulu paling tidak 20 lembar daun salam. Jangan lupa cuci bersih dulu biar lepas dari kotoran atau mungkin binatang yang semula menempel di daun. Setelah itu, rebus daun salam ke dalam air mendidih seukuran 3 gelas. Tambahkan juga gula batu secukupnya saja. Biarkan sebentar air rebusan itu mendidih. Kemudian ambil daunnya dan sisakan airnya.
Cara menyajikannya juga sangat mudah, air rebusan tadi taruh saja ke dalam gelas, lalu diminum. Kalau bisa, minumlah air daun salam ini setiap hari sampai penyakit maag Anda betul-betul sembuh. Obat tradisional ini tidak akan menimbulkan efek samping apappun. Justru sebaliknya, efek positifnya bisa membuat tubuh Anda semakin sehat.

5. Biji Pepaya

Kalau Anda makan buah pepaya, jangan lupa simpanlah bijinya. Meskipun tidak sakit maag, mengkonsumsi biji pepaya juga bisa menjaga lambung tetap sehat. Sebetulnya biji pepaya itu bisa mengobati berbagai macam penyakit, jadi saying khan kalau dibuang?. Tapi kalau Anda terserang penyakit maag, ada resepnya tersendiri. Bagaimana cara membuat resepnya?
Terlebih dahulu keringkan biji pepaya yang sudah Anda sisihkan. Kemudian tumbuk halus biji pepaya tersebut sampai betul-betul lembut. Lalu seduh ke dalam air panas. Aduk-aduk hingga merata. Mungkin tampilannya kurang menarik, tapi khasiatnya luar biasa. Kemudian minumlah secara teratur. Kalau bisa setiap hari sampai penyakit maag Anda sembuh.

6. Sari Kedelai

Saat ini sari kedelai sudah dalam kemasan susu kedelai. Kadang-kadang orang juga menyebut sari kedelai dengan susu kedelai. Dibalik rasanya yang khas dan enak, minuman sari kedelai juga bisa cukup ampuh mengobati penyakit maag. Tapi dalam penyajiannya, Anda harus terapkan sendiri. Jangan pakai sari kedelai yang sering dijual di tukang sayur. Berikut ini cara untuk mengolahnya.
Belilah biji kedelai secukupnya, banyak dijual di pasaran. Kalau sudah siap, langsung saja sangrai biji kedelai tersebut. Lalu haluskan dengan menggunakan blender sampai teksturnya halus. Lalu seduh ke dalam air panas. Selagi masih hangat, langsung diminum. Kalau bisa, minumlah air seduhan sari kedelai tersebut secara teratur untuk menjaga kesehatan lambung anda.

7. Kunyit

Dalam penamaan Jawa, kunyit seringkali dipanggil kunir. Bumbu dapur ini memang luar biasa dalam menyembuhkan berbagai penyakit. Selama ini, kunyit dikenal dengan fungsinya yang bisa mengecilkan perut buncit. Selain itu, kunyit juga bisa digunakan sebagai obat tradisional penyakit maag, pelajari caranya dengan benar agar tidak salah langkah.
Pertama-tama, parutlah kunyit. Setelah itu, peras saja air kunyit menggunakan saringan. Tanpa seduh atau dicampur apa-apa, langsung minum saja. Tapi kalau mau yang lebih manis bisa ditambahkan madu. Kalau mau ditambahkan air hangat juga boleh. Tapi jangan terlalu banyak biar efeknya tetap terjaga. Minumlah setiap hari sampai penyakit maag menjadi sembuh.


Di artikel ini memang sengaja menampilkan obat tradisional penyakit maag yang mudah diterapkan. Sebagai negara penghasil rempah-rempah yang cukup besar, pasti Anda tidak akan kesulitan mendapatkan bahan-bahan tersebut. Jadi manfaatkan sebaik mungkin.


advertisement
Loading...
loading...