Manfaat Buah, Kulit dan Biji Semangka Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

ads
Manfaat Buah, Kulit dan Biji Semangka Bagi Kesehatan yang Jarang DiketahuiSetelah menyantap buah semangka, kulit sama bijinya jangan buru-buru dibuang dulu yah. Manfaat buah semangka untuk kesehatan tidak hanya dari isinya yang mengandung berbagai vitamin dan mineralnya untuk menutrisi tubuh kita. Tetapi kulit danbijinya sekali pun juga memberikan manfaat untuk kesehatan. Berikut ini ulasan lengkapnya.


Manfaat Buah, Kulit dan Biji Semangka untuk Kesehatan


Dalam membahas manfaat buah semangka, yang pertama kita akan mulai dari isinya dulu ya. Tak hanya mengenyangkan danmenyegarkan untuk dikonsumsi, dengan mengkonsumsi buah semangka sesuai takaran juga akan mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dalam sehari. Berikut adalah berbagai manfaat dari isi buah semangka.

·      Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan lycopene, citrulline, arginine, pada buah semangka dipercaya dapat melindungi jantung dari kerusakan serta mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kandungan arginine-nya dapat membantu mengurangi lemak berlebih yang bisa menimbulkan serangan jantung dan menjaga kelancaran aliran darah yang dipompa jantung, sehingga kesehatan jantung pun terjaga.

·      Menjaga Kesehatan Tulang
Kandungan lycopene pada buah semangka akan membantu proses penyerapan kalsium secara cepat dan menjaga kepadatan tulang. Mengkonsumsi satu iris semangka bisa menghindarkan dari penyakit osteoporosis (tulang keropos).

·      Terhindar dari Dehidrasi
Semangka memiliki 92% kandungan air yang dapat membuat tubuh terhidrasi dengan baikserta membantu suhu tubuh tetap terjaga meskipun di tengah cuaca yang panas sekali pun.

·      Menjaga Kesehatan Rambut
Semangka ternyata tak hanya menyegarkan, tapi juga sangat baik untuk kesehatan rambut Anda. Saat Anda mengonsumsi buah semangka, secara tidak langsung akan menjaga kelembaban kulit dan batang rambut Anda.

·      Menjaga Kesehatan Kulit
Semangka sebagai salah satu buah yang kaya akan vitamin A-nya tentu sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Kulit Anda akan ternutrisi dengan baik, sehingga terlihat lebih lembut dan halus. Selain itu, vitamin C dalambuah semangka dapat mendorong pertumbuhan sel kolagen dan elastin yang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah Anda dan kandungan airnya akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, sehingga terhindar dari kulit kering.

·      Mencegah Penyakit Asma
Tidak hanya menyehatkan kulit, buah semangka juga mengandung banyak vitamin C yang efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya gangguan pernafasan. Tetapi perlu diketahui, bahwa buah semangka ini hanya efektif sebagai pencegahanasma saja tidak sampai pada proses penyembuhan asma.

·      Menurunkan Tekanan Darah
Untuk penderita hipertensi, buah semangka sangat direkomendasikan. Kenapa? Karena buah semangka ternyata mampu menurunkan tekanan darah penderita. Saat penderita rutin mengonsumsi buah semangka, maka pengaruhnya sangat baik bagi pembuluh darah dan mengatasi berbagai tekanan yang berat pada pembuluhdarah di jantung. Jadi, untuk para pengidap hipertensi, jangan lupa ya untuk mengonsumsi buah yang menyegarkannan menyehatkan ini.

·      Mencegah Kanker
Kandungan vitamin C dan lycopenepada buah semangka sangat penting dalam melindungi tubuh, terutama dari serangan radikal bebas penyebab timbulnya kanker. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya yang tinggi pada buah semangka juga baik untuk para penderita kanker.

·      Mengatasi Sembelit
Semangka sebagai buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi tentu juga dapat mengatasi masalah sembelit.Selain itu, kandungan serat pada buah semangka juga dapat membentuk gel alami yang dapat melancarkan buang air besar dan membantu penyerapan nutrisi agar lebih lancar.

·      Membantu Menurunkan Berat Badan
Kandungan asam amino citrulline-nya sangat ampuh dalam mengatasi lemak yang menumpuk, kandungan zat tersebut akanmembantu melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh agar ikut larut dalam saluran pencernaan atau pembuangan. Jadi, untuk Anda yang lagi diet, konsumsi buah semangka sangat direkomendasikan.

Manfaat Biji Semangka 

Inilah alasan mengapa Anda jangan buru-buru buang biji semangka. Cek manfaatnya di bawah ini

·      Memenuhi Kebutuhan Protein
Biji semangka mengandung protein yang terdiri dari beberapa asam amino yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jika Anda mengonsumsi secangkir biji semangka yang telah dikeringkan sama halnya dengan memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh Anda, karena secangkir biji semangka yang kering, setidaknya mengandung 30,6 gram protein dan artinya 61% dari jumlah protein yang dibutuhkan perharinya sudah terpenuhi.

·      Kandungan Vitaminnya yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Vitamin B yang terdapat pada biji semangka bermanfaat dalam menjaga sistemsaraf, sistem pencernaan, serta melindungi kesehatan kulit Anda. Selain itu, vitamin B pada biji semangka diperlukan dalam mengubah makanan menkadi energi yang dapat berpengaruh penting terhadap fungsi tubuh lainnya.

·      Kandungan Mineral yang Menjaga Tekanan Darah
Selain kandungan yang telah disebutkan, biji semangka juga mengandung mineral magnesium yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan tersebut mampu mengatur tekanan darah serta metabolisme karbohidrat dalam tubuh.


Manfaat Kulit Semangka


Ternayata manfaat kulit semangka banyak juga ya. Ini dia manfaatnya.

·      Meningkatkan Kebugaran Berolahraga
Kulit semangka ternyata sangat coock untuk dikonsumsi para atlet? Mengapa? Tentunya karena kulit semangka mampu meningkatkan kebugaran tubuh seseorang terutama saat berolahraga. Hal ini dikarenakan kandungan Citrullinepada kulit semangka dapat membantu sintesis nitratoksida yang dapat meningkatkan aliran glukosa pada otot rangka. Untuk mendapatkan manfaatnya, cobalah untuk mengonsumsi kulit semangka bisa dengan dicampur dengan bahan lain atau pun diolah menjadi acar layaknya acar timun.

·      Menurunkan Tekanan Darah
Wah, kulit semangka ternyata dapat menurunkan tekanan darah juga lho! Jika Anda mengidap hipertensi, Anda bisa mencoba mengonsumsi semangka dengan kulitnya. Kandungan citrullinenya membantu dalam meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan menjadikan tekanan darah lebih stabil.

·      Menyehatkan Prostat
Semangka merupakan sumber likopen yang sangat baik. Likopen yang terdapat dalam kulit semangka adalah jenis antioksidan yang efektif dalam membantu menjaga kesehatan jantung, kulit serta pencegah kanker prostat.

·      Meningkatkan Libido
Kulit semangka memiliki kandungan asam amino citrulline yang dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan libido, yang kurang lebih memiliki cara kerja yang sama dengan obat kuat, meskipun pada dasarnya kulit semangka tidak termasuk obat kuat. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengonsumsinya dicampur dengan jus lemon atau pun dengan menaburkan bubuk cabai di atas kulit semangka.


Itulah beberapa manfaat buah, kulit dan biji semangka untuk Kesehatanyang jarang diketahui. Konsumsilah buah semangka secara berkala dan manfaatkan kulit dan bijinya juga, maka rangkaian manfaat yang menyehatkan tubuh di atas akan Anda peroleh. 
advertisement
Loading...
loading...