Gejala, Penyebab dan Pengobatan Flu Singapura

ads
Gejala, Penyebab dan Pengobatan Flu Singapura - Mungkin anda baru mengenal nama virus ini dan tidak familiar dengan penyakit flu singapura ini. Namun tanpa diketahui flu singapura tersebut sudah menjangkit pada anak anak kecil yang berada disekitar kita. Flu Singapura merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus. Penyakit flu singapura disebabkan oleh virus RNA. Dibandingkan virus DNA, virus ini tidak begitu berbahaya. Pada virus RNA walaupun tidak begitu berbahaya namun perlu perawatan serta penanganan khusus apabila virus ini menyebar. Penduduk singapura lebih mengenal penyakit flu singapura ini dengan nama Hand, Foot, and Mouth Disease atau HFMD. Penyakit ini juga telah menyebar dikalangan penduduk indonesia. Penduduk Indonesia lebih mengenal dengan nama Penyakit Kaki, Tangan dan Mulut atau KTM.
Munculnya penyakit ini pertama kali terjadi di Singapura. Penyakit ini terjadi pada penduduk singapura hingga mencapai 2.600 orang. Biasanya penyakit ini lebih menyerang anak anak, namun tidak perlu khawatir karena virus tersebut tidak berbahaya. Virus singapura memang tidak berbahaya namun apabila disertai dengan komplikasi lain maka akan berakibat fatal bagi tubuh, bahkan sampai menyebabkan kematian. Penyebaran virus singapura di Indonesia memang tidak terlalu banyak, tetapi tetap ada setiap hari walaupun hanya satu atau dua yang terjangkit.

Memang terlalu awam untuk mengetaahui penyakit ini. Penyakit Flu Singapura akan menjangkit anak anak bayi. Penularannyapun sangat cepat, dengan hanya berada disekitarnya saja maka virus tersebut mudah menyebar. Untuk lebih jelasnya mari kita simak gejala flu singapura, penyebab flu singapura dan cara mengobati flu singapura.

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Flu Singapura

Flu singapura rentan terjadi pada anak anak. Walaupun flu singapura tidak berbahaya daripada flu burung namun perlu penanganan khusus agar flu tersebut cepat sembuh dan tidak menyebar kepada yang lainnya. Untuk mengetahui apakah anda mengidap penyakit ini, terlebih dahulu anda harus mengerti gejala gejala dari flu singapura ini. Setelah mengetahui gejalanya kemudian anda harus mencari tahu penyebab dari flu singapura. Tahap terakhir kemudian lakukan pengobatan flu singapura tersebut. Simak penjelasan penjelasan yang terkait mengenai flu singapura.


Gejala Flu Singapura

Flu singapura sering terjadi pada anak anak. Anak anak tersebut lebih rentan dibandingkan orang dewasa karena kekebalan tubuh anak anak lebih lemah dibandingkan orang dewasa. Tidak hanya anak anak saja yang terjangkit, apabila imunitas tubuh orang dewasa sedang tidak fit atau lemah maka akan terjangkit flu singapura juga. Gejala flu singapura yang terjadi pada anak anak sama seperti yang terjadi pada orang dewasa. Perbedaannya pada anak anak sering diikuti dengan komplikasi pada tubuh sang penderita. Apabila itu terjadi maka perlu penanganan khusus terhadap pengobatan flu tersebut.

Adapun gejala yang timbul akibat flu singapura tersebut seperti munculnya bintik bintik merah pada sekitar kulit tangan, sela sela jari serta pada kaki, suhu tubuh penderita menjadi meningkat secara tiba tiba, namun  peningkatan suhu tubuh ini jarang terjadi. Selain itu juga muncul sariawan pada penderita tetapi sariawan ini memiliki jumlah yang cukup banyak sehingga mengakibatkan penderita tidak nafsu makan. Flu singapura dapat mengakibatkan tubuh penderita menjadi sedikit melepuh pada area mulut serta bagian bagian tubuh lain. Gejala tersebut biasanya diikuti dengan terjadinya demam tinggi pada tubuh. Apabila penyakit tersebut telah berada pada tahap kronis atau lebih buruk maka penderita akan mengalami kejang kejang serta sesak napas. Pada tahap itulah sang penderita perlu penanganan khusus serta terdapat pengasingan diri pada penderita ini. Pengasingan ini dilakukan agar virus singapura tidak menyebar kepada orang lain.

Penyakit flu singapura yang mengalami komplikasi akan mengakibatkan penderita mengalami diare, mual serta muntah muntah dan merasakan dehidrasi pada tubuh. Apabila gejala gejala flu diatas muncul, segera berikan pertolongan pertama pada penderita. Kemudian carilah tempat berobat atau puskesmas terdekat. Lakukan tindakan pencegahan serta pengobatan sedini mungkin akibat flu singapura ini agar dapat mengurangi resiko kematian pada penderita flu yang sudah terinfeksi. Kenali gejala gejala virus singapura ini. Walaupun tidak berbahaya namun berbahaya jika mengalami komplikasi pada tubuh.

Penyebab Flu Singapura

Penyebab flu singapura adalah virus RNA yang tergolong kedalam jenis Famili Picornaviridae dan Genus Enterovirus atau non polio. Apabila virus RNA ini lebih dipelajari maka dalam virus ini terdapat bagian bagian lain seperti virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Enterovirus serta Echovirus. Virus virus tersebut dapat mengakibatkan bahaya bahaya masing masing. Virus Enterovirus 71 dapat berbahaya karena mengakibatkan flu singapura lebih parah bahkan sampai kematian. Pada virus Coxsackie A16 tidak terlalu berbahaya karena hanya muncul untuk menginfeksi kulit pada penderita flu singapura.  

Biasanya flu singapura terjadi pada musim panas. Flu tersebut sering terjadi pada anak anak yang berusia 2 minggu sampai 10 tahun. Penyakit tersebut jarang terjadi pada orang dewasa karena orang dewasa memiliki kekebalan yang lebih baik daripada anak anak. Flu Singapura ini juga dapat menyerang orang dewasa yang memiliki kekebalan yang lemah. Penularan penyakit ini terjadi kerena melakukan kontak langsung dengan penderita serta melalui benda benda sekitar penderita yang telah terkontaminasi oleh kelenjar ludah, cairan vesikel maupun eksreta dan dapat melalui tinja.

Apabila telah terjangkit virus RNA maka pasien akan mengalami proses inkubasi kurang lebih selama 2 minggu 5 hari. Walaupun sudah ada pencegahan terhadap penyebab virus ini menular, tetapi tanpa kita ketahui terdapat binatang binatang pembawa virus ini. Binatang ini seperti kecoa maupun lalat. Untuk itulah sangat penting menjaga kebersihan lingkungan sekitar agar tidak terjangkit virus flu singapura, Apabila seseorang telah mengalami penyakit flu ini maka selanjutnya tidak akan mengalami virus yang sama, melainkan virus Enterovirus yang lain. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapat kekebalan tubuh yang mencegah virus flu singapura ini kembali menyerang.


Pengobatan Flu Singapura

Dalam dunia medis belum ada vaksin yang dapat mengobati penyakit ini. Pengobatan flu singapura ini tidak perlu penanganan khusus selama penderita tidak parah dan tidak mengalami komplikasi. Penyakit ini dapat sembuh sendiri apabila si penderita memiliki kondisi yang prima seperti biasa. Walaupun penyakit ini akan sembuh sendiri namun kita harus tetap ada tindakan tindakan lain yang dapat mengobati penyakit flu ini. Tindakan tindakan yang dilakukan bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh serta mengembalikan tubuh menjadi prima kembali.

Apabila penderita mengalami demam juga  maka berikan Paracetamol agar suhu tubuh kembali normal. Kondisi pederita flu singapura yang kronis dapat mengakibatkan mulut menjadi sariawan serta bercak kemerahan pada sekitar jari. Sariawan tersebut dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang memiliki tekstur yang lembut agar mudah ditelan serta bersifat menyejukkan area bagian rongga mulut. Sedangkan pada sekitar jari dan kuku anda juga dapat membersihkan bekas luka menggunakan pembersih luka agar luka tersebut tidak terinfeksi lagi.

Selain pengobatan diatas usahakan penderita tidak memakan makanan yang bersifat pedas serta keras agar tidak kesulitan dalam mengunyah maupun menelan. Hindari juga minuman minuman yang asam agar rongga mulit yang sariawan tadi tidak semakin perih. Walaupun demikian jangan lupa penuhi cairan cairan dalam tubuh dengan mengkonsumsi cairan mineral agar tubuh tidak terasa dehidrasi. Apabila penderita mengalami muntah muntah yang disertai diare maka segera bawa penderita flu singapura ke rumah sakit terdekat agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.


Selain pengobatan diatas saya akan memberikan tips pencegahan terkait flu singapura ini. Setiap orang berpotensi terhadap penyakit virus ini  baik dari anak anak kecil maupun orang dewasa. 
Virus virus tersebut dapat dihindari dan dicegah. Adapun cara mencegahnya sebagai berikut:
  • Hindari penggunaan penggunaan fasilitas umum.
  • Hindari penggunaan yang sama dengan orang lain apabila orang tersebut terinfeksi flu singapura.
  • Cuci tangan anda ketika setelah bepergian maupun saat sudah melakukan kontak langsung dengan orang lain.
  • Berikan kebiaasan menjaga kebersihan pada anak dengan kebiasaan cuci tangan setelah pulang sekolah maupun sehabis main.
  • Tutup hidung seta mulut saat sedang bersin. Lakukan juga hal tersebut apabila ada yang bersin disekitar anda.
  • Gunakan barang barang perlengkapan sendiri dan usahakan tidak meminjam orang lain.
  • Konsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin serta sumber nutrisi yang dapat menjaga kondisi tubuh tetap prima.
  • Bersihkan peralatan peralatan rumah serta peralatan pada anak agar tidak terserang virus penyakit flu singapura.
Menurut penelitian penyakit singapura memang tidak berbahaya, namun tetap harus ada penanganan lebih lanjut agar tidak terjadi komplikasi infeksi pada kulit. Jaga stamina dan prima tubuh kita masing masing. Kenali gejala dan penyebab flu singapura agar terdapat pengobatan lebih lanjut mengenai penyakit flu singapura. Apabila terdapat kesadaran lebih dini maka pengobatan flu singapura ini akan berlangsung lebih cepat. Lakukan penanganan lebih intensif kepada penderita flu singapura yang telah pada tahap kronis atau komplikasi.
advertisement
Loading...
loading...