Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Mudah Tanpa Efek Samping

ads

Cara Mengobati Tipes Secara Alami dan Mudah Tanpa Efek Samping - Tipes merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang masyarakat Indonesia, selain batuk, flu, dan diare, penyakit umum lainnya. Cara mengobati tipes atau atau penyakit yang juga dikenal dengan sebutan demam tifoid ini sebenarnya bisa dilakukan secara alami. Jadi, pengobatan tipes tidak hanya dengan perawatan medis dan antibiotik, bahkan dapat juga menggunakan bahan alami yang mudah didapat di sekitar kita.
Pengobatan secara alami umumnya bisa digunakan untuk meringankan gejala, mengobati, pemulihan, sampai pencegahan dari kambuhnya suatu penyakit, termasuk penyakit tipes. Sangat disarankan untuk mengkombinasikan pengobatan medis dan pengobatan alami jika penyakit tipesnya sudah terlalu parah, tentu dengan seizin dokter yang menangani.
Mengingat bahayanya tipes jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka ada baiknya Anda mulai belajar tentang pengobatan secara alami untuk tipes ini. Jadi, Anda bisa langsung memberikan pertolongan dini pada anggota keluarga yang mulai menunjukkan terkena gejala tipes. Di antara beberapa pengobatan tipes secara alami, cara berikut bisa Anda terapkan.
Cara Mengobati Tipes Secara Alami

Cara Mengobati Tipes Secara Alami

Perbanyak Minum Air Putih

Cara alami pertama untuk mengobati tipes yaitu dengan memberi mereka minum air putih dengan jumlah cukup banyak. Penderita tipes biasanya mengalami dehidrasi dan apabila sudah berat, akan diberi cairan intravena oleh dokter. Meski kebutuhan cairan sudah terpenuhi, Anda tetap harus menyediakan air putih di samping tempat tidurnya.
Dehidrasi yang sudah parah juga bisa menyebabkan menghilangnya kesadaran (pingsan). Nah, jika Anda mendapati penderita tipes tersebut mengalami diare, Anda bisa memberikan pertolongan pertama berupa cairan oralit.
Kemudian, sebaiknya hindari susu atau produk susu lainnya seperti yoghurt dan keju. Hal ini dikarenakan bisa memperparah diarenya. Begitupula halnya dengan minuman beralkohol, kafein (kopi), teh, dan minuman bersoda atau berkarbonasi, sangat tidak dianjurkan untuk diberikan pada mereka.

Meningkatkan Asupan Bergizi

Tipes bisa semakin parah jika penderitanya tidak mendapat asupan bergizi berupa makanan dan minuman bernutrisi. Penuhi kebutuhan kabrohidrat, protein, lemak, dan vitaminnya dari buah dan sayur. Untuk buah, Anda bisa menyediakannya dalam bentuk jus atau air kelapa. Sedangkan asupan pokoknya bisa berupa bubur nasi hangat yang bergizi dan mudah dicerna.
Bagi penderita Tipes yang memang menyukai makanan pedas, sebaiknya berusaha menahan diri dulu untuk tidak makan makanan pedas ini. Karena makanan pedas bisa mengganggu kinerja sistem pencernaan, apalagi jika tipes-nya disertai dengan diare. Tapi, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan berserat tinggi jika penderitanya mengalami sembelit.

Kombinasi Bumbu Dapur

Beberapa tanaman yang sangat mudah untuk ditemui di kebun atau halaman rumah adalah kunyit, lada hitam, dan kemangi. Kombinasi dari ketiga bahan ini bisa mengatasi mual dan gejala tipes lainnya. Caranya yaitu dengan menumbuk semuanya sampai halus lalu dibentuk seperti tablet.
Nah, tablet inilah yang harus Anda berikan setiap harinya pada penderita. Selain itu, dianjurkan pula untuk meminum air yang telah diberi campuran ketiga bahan tersebut setiap harinya. Selain kunyit, lada hitam, dan kemangi, ada juga bumbu dapur atau penyedap masakan lainnya yang bisa dijadikan obat ampuh untuk tipes yaitu cengkeh dan ketumbar.
Cara mengobati tipes dengan cengkeh adalah ebagai berikut : Rebuslah cengkeh dalam air sampai mendidih. Selanjutnya, air rebusannya inilah yang harus diminumkan rutin setiap hari selama beberapa hari pada penderita tipes.
Sedangkan ketumbar, bisa dikombinasikan dengan buttermilk. Takarannya yaitu 1 cangkir butter milk dengan 1 sdt jus ketumbar, minum 2 kali sehari. Jangan khawatir, rasanya tidak jauh beda saat Anda memakan ayam bumbu kecap dengan racikan ketumbar.

Madu Murni

Cara mengobati tipes berikutnya yaitu madu murni yang tidak diberi pemanis buatan maupun bahan campuran lainnya sangat dianjurkan untuk diberikan pada penderita tipes. Cara pembuatannya yaitu dengan memasukkan 1 sdm madu ke dalam segelas air hangat. Air dan madu ini efektif menyembuhkan dan merelaksasi sistem pencernaan,
Selain itu, bagi penderita tipes yang sudah sembuh, Anda tetap dianjurkan untuk meminum air dan madu ini setiap hari untuk recovery(pemulihan) setelah sakit. Hal ini dikarenakan, madu bisa mampu menyuplai energi ke dalam tubuh sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan sistem imun.
Tapi, jika penderita tipesnya masih anak-anak usia di bawah 1 tahun, sebaiknya hindari cara pengobatan ini karena bisa menyebabkan botulisme. Penyakit keracunan ini biasanya disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum yang cenderung mudah ditemukan pada madu dan makanan setengah matang. Beruntungnya, kasus keracunan ini sangat jarang terjadi.

Buah Pepaya Muda

Buah ini termasuk tanaman yang mudah tumbuh di banyak tempat di Indonesia. Tidak heran jika banyak pekarangan rumah yang memiliki tanaman ini. Buah yang sudah matangnya memang sedap untuk dimakan langsung maupun dibuat sop buah sebagai menu makanan.
Berikut ini cara mengobati tipes dengan buah papaya, pilih pepaya muda yang masih mentah. Cara membuatnya sama seperti mengolah santan, yaitu kupas buahnya lalu diparut. Selanjutnya peras parutan buah pepaya muda tersebut.
Selanjutnya, air perasan inilah yang kemudian harus Anda minumkan pada mereka. Takarannya yaitu 1 buah pepaya muda dibagi dua perasan, lalu masing-masing diminum rutin 2 kali sehari pagi dan sore sampai tipesnya sembuh.

Daun Sambiloto

Bagi penyuka pengobatan herbal, tanaman yang dikenal dengan nama bidara tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Daun Sambiloto sering dijadikan obat flu, hepatitis, infeksi saluran empedu, disentri, malaria, radang paru, radang ginjal, sakit gigi, usus buntu, diabetes, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Hal ini dikarenakan kandungan saponin, tannin, panikulin, kelmegin, flavonoid, alkaloid, lactone, dan hablur kuning dalam daun sambiloto sangat efektif membunuh berbagai macam bakteri, termasuk Salmonella Typhi. Selain itu, kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada sambiloto juga bisa memulihkan stamina sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan tipes.
Nah, untuk mengobati tipes dengan sambiloto ini juga sangat mudah. Langkah pertama, ambil dan cuci 5 lembar daun sambiloto. Kemudian, rebus bersama 15 gram temulawak dan 5 gram jinten hitam. Setelah mendidih dan airnya berkurang, biarkan sampai dingin. Setelah itu, minum pagi dan sore, 2 kali sehari. Walaupun senyawa andrographolid di dalam sambiloto terasa sangat pahit, tetapi khasiat daun sambiloto ini cukup ampuh.
Selain keenam cara pengobatan tersebut, cacing juga efektif mengobati tipes. Untuk mengurangi rasa enek atau jijik, Anda harus membersihkan isi perut dan rebus, kemudian minum selagi hangat. Kemudian, air perasan mentimun, buah sawo muda, dan pisang juga bisa dijadikan obat tipes yang cukup ampuh.

Cara mengobati tipes akan lebih efektif lagi jika Anda menyertakan makanan bergizi dengan kandungan protein tinggi seperti tempe kedelai, tahu, ikan, margarin, serta hati dan daging ayam. Makanan lainnya yaitu sayur rendah serat seperti buncis muda, labu siam, wortel, kacang panjang. Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah pisang dan alpukat. Semoga bermanfaat.

advertisement
Loading...
loading...