15 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Dalam Sehari

ads
15 Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Dalam Sehari – Sepertinya semua orang pernah mengalami masalah bau mulut, bahkan artis sekalipun tak jarang mengalaminya. Bau mulut tak sedap atau halitosis (nama kerennya) memang tidak membahayakan jiwa, hanya saja memalukan dan dapat mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Sekitar 30% dari populasi dunia pernah menderita masalah bau mulut ini. Apakah Anda salah satu di antaranya? Jika iya, berikut ini adalah beberapa cara mudah menghilangkan bau mulut yang bisa menjadi solusinya.


Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Rutin menyikat gigi
Jika saja kita teratur menyikat gigi, maka bau mulut tak sedap pun akan terhindar. Menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari dapat meminimalisir kuman atau bakteri penyebab bau mulut tak sedap. Waktu yang tepat untuk menyikat atau menggosok gigi adalah setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur. Dan pastikan juga untuk menggunakan sikat dan pasta gigi yang memadai, sebisa mungkin jangan menggunakan sikat gigi yang permukaannya sudah mekar atau tidak beraturan agar pembersihan gigi bisa maksimal. Untuk pasta gigi, disarankan untuk memilih pasta gigi mint atau yang mengandung mouthwash agar membantu menyegarkan mulut Anda.

2. Obat Kumur

Obat kumur umumnya mengandung anti-bakteri yang bagus untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut. Jadi, ada baiknya setelah menggosok gigi untuk menggunakan obat kumur. Obat kumur akan membuat napas Anda menjadi segar dan wangi. Ada berbagai obat kumur yang dijual di pasaran, bahkan dengan merk-merk terkenal seperti : Betadine Obat Kumur Antiseptik, Listerine, Colgate Plax, Total Care Cool Mint, Pepsodent Expert Protection, Formula Cool & Fresh, dan masih banyak lagi produk obat kumur yang sejenis.

3. Membersihkan Lidah

Orang sering mengabaikan kebersihan lidah, padahal lidah yang tak terawat juga bisa menyebabkan bau mulut. Ketika Anda sedang gosok gigi, jangan lupa bersihkanlah juga lidah Anda dengan alat khusus pembersih lidah. Gosok lidah secara lembut dari bagian atas ke bawah. Jika anda lakukan hal ini secara teratur, maka akan dapat membantu mengurangi bau mulut yang tak sedap.

4. Buah Apel

Mungkin inilah salah satu alasan mengapa banyak orang yang mengkonsumsi buah apel setelah beberapa saat makan. Buah apel akan bertindak sebagai pembersih alami dalam mulut. Serat yang dimiliki buah apel akan membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan yang tertinggal. Selain itu produksi saliva atau air liur juga akan terangsang sehingga dapat menjaga kelembaban mulut dan menghindarkan dari bau mulut tak sedap. Untuk hasil terbaik dari buah apel sebagai penghilang bau mulut, konsumsi apel secara perlahan agar serat yang terdapat dalam daging buah dapat membersihkan sela-sela gigi secara perlahan.

5. Buah Pir

Seperti yang kita ketahui, mulut yang kering merupakan salah satu penyebab timbulnya bau mulut tak sedap. Kaitannya dengan buah pir adalah, buah pir hampir sama peranannya dengan buah apel. Buah pir dapat membantu produksi air liur menjadi lebih baik, sehingga bau mulut pun menjauh.

6. Lemon

Seperti yang kita ketahui, buah lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Nah vitamin C dalam buah lemon ini ternyata terkenal sangat tidak disukai oleh bakteri lho sehingga ampuh untuk membasmi pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

7. Jambu Biji

Selain kaya akan kandungan Petcin (karbohidrat kompleks alami) yang manfaatnya terkenal untuk mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Ternyata jambu biji juga kaya akan kandungan mangan, zat besi, oksalat, asam oksalat, mineral dan kalsium untuk menghilangkan baut mulut tak sedap secara cepat. Konsumsilah jambu biji mentah atau daun jambu biji kecil segar.

8. Alpukat

Alpukat bagus dikonsumsi sebagai buah mentah atau dijadikan jus untuk memerangi halitosis. Alpukat tidak hanya membasmi napas mulut yang tak sedap, tapi juga memutihkan gigi. Konsumsi alpukat di pagi hari untuk napas yang segar sepanjang hari.

9. Yogurt

Apabila bau mulut yang tak sedap disebabkan karena makan pete atau jengkol, maka Yogurt bisa Anda konsumsi untuk menghilangkannya. Sisa bau akibat pete dan jengkol dapat disingkirkan oleh bakteri baik yang terkandung dalam Yogurt.

10. Buah Beri

Bau mulut yang tidak sedap biasanya akan mulai terasa saat bangun tidur di pagi hari. Nah, apabila Anda tidak sempat menggosok gigi di pagi hari, Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan Beri seperti : Stroberi, Blueberry, Rasberi untuk menyegarkan napas Anda. Kandungan nutrisi hebat di dalamnya akan berperan aktif mengusir kuman penyebab bau mulut. Tentunya untuk hasil terbaik, Anda dapat mengkonsumsi buah ini dengan dicampur dengan Yogurt bebas gula.

11. Kapulaga

Cara mudah menghilangkan bau mulut dalam sehari yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah dengan mengunyah beberapa biji kapulaga. Sifat terapeutik pada Kapulaga akan didapatkan setelah mengkonsumsinya, dengan demikian akan mengurangi bau mulut dan akan membuat napas segar sepanjang hari.

12. Jahe

Manfaat jahe untuk kesehatan sudah banyak yang diakui dunia medis, dan salah satu manfaat yang mungkin jarang kita ketahui adalah mengatasi bau mulut yang sangat mengganggu. Caranya cukup mudah, cukup gunakan air rebusan jahe untuk berkumur atau gunakan irisan jahe yang diseduh menjadi teh. Dalam ramuan jahe tadi terkandung senyawa gingerol yakni senyawa anti-bakteri yang akan membunuh bakteri dan mikroba penyebab bau mulut.

13. Daun Sirih

Daun sirih sudah terbukti ampuh untuk menyegarkan kembali napas pada mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih ini sudah ada sejak zaman dahulu dan masih bertahan dan masih digunakan hingga di zaman yang serba modern seperti sekarang ini.
Caranya:
Siapkan beberapa lembar daun sirih
Rendam dengan air hangat
Dinginkan beberapa saat, lalu gunakan air rendaman daun sirih tadi untuk berkumur
Air rendaman daun sirih yang masih tersisa dapat Anda simpan dalam kulkas anda agar bisa digunakan lagi sewaktu-waktu.

14. Teh Hijau

Khasiat teh hijau untuk mengatasi bau mulut sudah banyak yang membuktikannya. bahkan telah diteliti oleh banyak ahli tentang kebenaran ini. Salah satunya adalah sebuah penelitian di Kairo, Mesir menyebutkan bahwa mereka yang mengkonsumsi atau meminum teh hijau secara rutin maka jumlah bakteri didalam mulut jauh lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi teh hijau. Untuk mendapatkan manfaat ini, maka Anda cukup menyajikan teh hijau seperti membuat teh pada umumnya, dan mengkonsumsinya secara teratur setiap hari.

15. Salad Sehat

Salad dengan potongan beberapa buah apel, pir, cranberry, seledri dan kenari yang ditambahkan 3-5 sendok yogurt akan menjadi Salad yang sedap, sekaligus salad yang dapat menyehatkan rongga mulut kita. Dan tentunya, salad ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.


Demikianlah uraian 15 cara mudah menghilangkan bau mulut dalam sehari. Yang terpenting, jangan lupa untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari dan menghindari pemicu bau mulut tidak sedap. Hal ini merupakan langkah paling sederhana untuk menjaga kesehatan mulut dan tentunya kenyamanan Anda.

advertisement
Loading...
loading...