25 Daftar Makanan Pantangan Darah Rendah yang Harus Dihindari

ads
25 Daftar Makanan Pantangan Darah Rendah yang Harus Dihindari - Di dalam tubuh manusia terdapat darah serta peroses peredarannya. Peredaran darah ini sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Karena dapat menyebarkan sari sari makanan keseluruh tubuh. Namun bagaimana jika jumlah sel darah merah terdapat dibawah garis normal. Hal tersebut disebabkan oleh jantung yang memompa darah dengan kecepatan yang lemah. Walaupun itu terjadi tetapi tidak menyebabkan masalah mengenai kualitas darah. Penurunan jumlah sel darah merah yang berada dibawah normal tersebut dapat mengakibatkan penyakit Darah Rendah. Menurut bahasa medis darah rendah dapat disebut Anemia atau Hipotensi. Tekanan darah normal pada manusia adalah 120/80 mm Hg. Namun jika anda memiliki tekanan darah 90/50 mm Hg maka anda mengalami darah rendah atau anemia.
Orang yang mengalami darah rendah akan merasakan gejala gejala yang berada dibawah tahap normal orang sehat pada umumnya. Adapun gejala yang dialami seperti mudah lelah, badan pegal pegal, tubuh terasa lemas, kepala terkadang sering pusing, terjadi sesak napas, merasakan migrain, susah untuk konsentrasi, mata berkunang kunang, mengalami masalah pencernaan, tubuh merasa dehidrasi serta sering merasakan ngantuk dan menguap. Selain itu juga terdapat gejala lain yang meliputi wajah terlihat kusam, suhu tubuh tidak stabil, serta bagian perut terkadang merasakan nyeri dan merasa mual mual. Kali ini kacamata sehat akan membahas mengenai daftar makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit darah rendah.

Daftar Makanan Pantangan Darah Rendah

Penyakit darah rendah ini sering kali diabaikan oleh banyak orang. Tanpa tahu penyebab serta akibat yag akan ditimbulkan dikemudian hari jika penyakit ini tidak segera diatasi. Bahkan penyakit ini dapat membahayakan nyawa orang tersebut. Untuk mencegah timbulnya penyakit darah rendah, mari kita simak daftar makanan apa saja yang menjadi pantangan darah rendah. Daftar makanan ini ditujukan untuk semua orang yang mengalami penyakit anemia, tanpa memandang jenis kelamin maupun banyaknya umur. Dibawah ini akan dijelasakan secara detil pantangan pantangan makanan tersebut.

1. Hindari Makanan Siap Saji serta Junk Food

Untuk penderita penyakit darah rendah usahakan jauhi makanan yang siap saji serta junk food tersebut. Makanan siap saji tersebut mengandung banyak lemah jenuh dan kolesterol yang dapat mengakibatkan jantung mengalami iritasi serta tekanan darah merah anda menjadi tidak stabil. Apabila tekanan darah anda menjadi tidak stabil dan lama kelamaa semakin menurun maka akan mengakibatkan aliran darah tidak lancar. Jika aliran darah tidak lancar maka kadar lemak jenuh yang masuk pada tubuh akan semakin menumpuk dan dapat mengganggu kesehatan anda.

2. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng tersebut juga mengandung minyak jenuh. Minyak goreng yang biasanya digunakan oleh pedagang pedagang dipinggir jalan mengandung minyak jenuh karena minyak goreng tersebut sering digunakan setiap saat. Minyak tersebut dapat mengikat nutrisi yang terdapat dalam darah. Apabila hal tersebut terjadi maka tekanan darah dalam tubuh akan semakin menurun sehingga mengakibatkan penyakit anemia. Anda tersebut juga dapat membuat makanan yang digoreng tersebut dirumah. anda bisa menggunakan  minyak zaitun yang kadar minyak jenuhnya lebih sedikit. Selain lebih aman juga lebih sehat bagi tubuh.

3. Hindari Makan Mie Instan yang Terlalu Berlebihan

Dalam mie instan mengandung bahan bahan pengawet serta zat lain yang tidak baik bagi tubuh. Selain itu mie instan juga dapat menggangu jalannya proses pencernaan makanan dalam usus. Mie instan tidak mengandung zat besi serta serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Apabila kita memakan mie instan tersebut maka tubuh akan merasakan kenyang sehingga menolak asupan asupan makanan untuk tubuh. Apabila hal tersebut terjadi maka akan mengakibatkan gangguan kesehatan. Gangguan ini dapat menimbulkan tekanan darah menjadi menurun sehingga dapat mengalami penyakit darah rendah.

4. Hindari Makanan yang Asam

Makanan makanan yang bersifat asam dapat menyebabkan lambung menjadi iritasi sehingga nafsu makan menjadi berkurang. Apabila kadar asam dalam lambung menjadi meningkat maka akan mengakibatkan lambung menjadi luka. Nafsu makan yang berkurang akibat gangguan lambung tersebut akan mengakibatkan tekanan darah menurun karena asupan nutrisi serta zat besi yang dibutuhkan tubuh menjadi berkurang. Apabila ini terjadi maka akan berakibat mengalami darah rendah.

5. Jangan Makan Belimbing, Mentimun maupun Labu Parang

Belimbing, mentimun serta labu parang memiliki manfaat untuk mendinginkan serta menurunkan tekanan darah yang berlebihan sehingga tekanan darah tersebut dapat normal dan seimbang. Ketiga buah tersebut cocok bagi orang yang menderita penyakit darah tinggi. Kandungan dalam mentimun, belimbing serta labu parang terdapat zat mineral dan kandungan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Namun bagi penderita darah rendah ketiga makanan tersebut dilarang bahkan dihindari agar kadar tekanan darah dalam tubuh tersebut tidak menurun secara terus menerus.

6. Jangan Minum Air Kelapa Muda

Air kelapa mengandung ion ion yang dapat mengganti cairan dalam tubuh yang berkurang. Air kelapa muda berguna unuk menurukan suhu dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah yang berlebihan. Hal tersebut baik bagi orang yang memiliki tekanan darah normal. Namun bagi orang yang menderita tekanan darah rendah akan berbahaya bagi kesehatan tubuhnya. Apabila anda penderita darah rendah maka tidak dianjurkan meminum air kelapa muda agar tekanan darah merah anda tidak semakin menurun.

7. Jangan Minum Minuman Beralkohol

Minuman yang beralkohol mengandung zat zat berbahaya bagi tubuh. Tubuh akan merasakan panas dan terjadi iritasi pada daerah lambung. Iritasi tersebut akan menjadi luka pada lambung sehingga akan mengganggu aliran darah yang menuju otak. Kadar alkohol yang masuk dalam tubuh akan mengganggu proses terjadinya aliran darah sehingga akan membuat tekanan darah menjadi menurun. Apabila penderita darah rendah tetap meminum minuman beralkohol maka akan berbahaya bagi kesehatannya. Maka dari itu tidak dianjurkan penderita darah rendah meminumnya.

8. Hindari Stres

Sters juga dapat menyebabkan kondisi penderita darah rendah menjadi menurun. Hal terebut dapat terjadi karena otot bagian kepala akan menjadi tegang sehingga tekanan darah menjadi tidak stabil dan tidak dapat dikontol oleh jaringan otak. Selain hal tersebut, stres juga dapat menyebabkan aliran darah yang menuju otak menjadi tidak lancar. Usahakan anda menjauhnkan diri dari hal hal yang membuat anda stres sehingga tekanan darah anda tidak mengalami penurunan secara terus menerus.

9. Jangan Melakukan Olahraga yang Terlalu Berat

Olahraga merupakan suatu kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh. Namun olahraga tersebut juga akan menguras energi dalam tubuh apabila dilakukan terlalu berat. Denyut jantungpun juga akan dipompa dengan cepat. Olahraga ini juga akan bermanfaat bagi penderita darah tinggi karena dapat mengurangi stres yang berkepanjangan. Namun bagi penderita darah rendah tidak dianjurkan melakukan olahraga yang terlalu berat agar tekanan jantung serta darah menjadi tetap stabil. Bagi penderita darah rendah dapat melakukan jalan pagi apabila ingin berolahraga.

10. Jangan Kurang Tidur

Bagi penderita darah rendah usahakan tidur selama 7 sampai 8 jam sehari. Dengan pola tidur yang teratur dapat meningkatkan kadar sel darah merah serta membuat kondisi anda menjadi semakin baik. Kurang tidur merupakan asal mula orang menderita penyakit darah rendah walaupun sebelumnya tekanan darahnya normal. Apabila orang tidur secara tidak teratur bahkan kurang tidur maka tubuh tidak dapat beristirahat serta otak akan terus bekerja. Akibatnya tubuh akan mengalami tekanan darah yang semakin menurun dan menyebabkan penyakit darah rendah.

11. Penuhi Asupan Gula dan Garam Dalam Tubuh

Bagi penderita darah rendah sebaiknya dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak garam dan gula agar tubuh tidak mengalami penurunan secara terus menerus sehingga terhindar dari anemia kronis. Gula dan garam tersebut dapat manstabilkan aliran darah dalam tubuh sehingga tidak menurun serta dapat mengganti cairan yang hilang karena mengandung mineral.

12. Jangan Minum Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh serta mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Sebagian orang mengalami alergi karena minuman soda tersebut. Minuman bersoda dapat meningkatkan kadar gula dalam darah sehingga dapat menghambat pengubahan kadar gula pada sayuran atau zat lain yang terdapat dalam tubuh. Apabila hal ini terjadi maka nutrisi yang dibutuhkan dalam tubuh menjadi berkurang. Hal tersebut dapat mengakibatkan tekanan darah merah menjadi berkurang dan menyebabkan penyakit anemia atau darah rendah.

13. Hindari Makanan yang Tidak Memiliki Serat

Makanan yang mengandung serat dapat memperbaiki sel sel yang terdapat dalam tubuh. Jadi makanan makanan berserat baik bagi kesehatan tubuh. Usahakan makan makanan yang berserat dan jauhi makanan yang tidak berserat. Walaupun makanan tersebut kelihatan mahal dan menggoda lidah namun apabila tidak berserat maka tidak ada gunanya bagi tubuh. Makanan makan berserat tersebut seperti es krim, cake serta donat. Makanan yang tidak memiliki serat akan menurunkan tekanan darah yang awalnya rendah menjadi lebih rendah. Apabila terjadi hal seperti itu maka tubuh akan merasakan dehidrasi karena kurangnya asupan nutrisi. Tubuh akan merasa lemas dan akan membuat penderita menjadi pingsan bahkan kehilangan nyawanya.

14. Hindari Makanan yang Pahit

Makanan yang rasanya pahit seperti pare, jamu, bunga pepaya serta jenis makanan lain tersebut baik bagi penderita darah tinggi karena dapat menurunkan kadar tekanan dalam darah. Apabila penderita darah rendah mengkonsumsi makanan yang pahit maka akan mengganggu kesehatan penderita. Karena asupan nutrisi yang dibutuhkan darah rendah tersebut adalah zat zat gula bukan zat pahit. Zat gula tersebut dapat menambah energi, stamina serta meningkatkan tekanan darah pada penderita. Lain halnya pada zat pahit  yang akan menghambat proses tekanan darah, menurunkan stamina dan energi dalam tubuh.

15. Hindari Obat Obatan

Obat obatan terlarang serta obat pereda nyeri dalam tubuh dapat didapatkan dengan mudah. Setiap obat tersebut mengandung bahan kimia yang akan merusak organ organ dalam tubuh. Perusakan organ ini terjadi dalam jangka panjang. Organ yang dapat dirusak seperti ginjal, jantung maupun hati. Mengkonsumsi obat obatan tanpa resep dokter beresiko bagi penderita darah rendah.. Obat obatan tersebut dapat menghalangi serta mengikat gula dan garam yang akan disebarkan melalui aliran darah. Hal tersebut dapat menghambat peningkatan sel sel darah merah.


Selain daftar makanan di atas penyakit darah rendah juga disesbabkan oleh beberapa faktor. Saya juga akan membahas mengenai faktor apa saja yang menimbulkan penyakit ini. Adapun penyebab dari penyakit darah rendah tersebut meliputi akibat terjadinya radang yang parah, karena pernah mengalami pendarahan, mengalami dehidarsi, tubuh juga mengalami alergi, masalah pada jantung, karena datang bulan, Karena otot jantung melemah, gangguan saraf otonom, terjadi penyumbatan pada pembuluh arteri serta karena kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh.

Selain faktor faktor tersebut anda juga dapat mencegah terjadinya penyakit darah rendah. Cara mencegahnya anda cukup mangkonsumsi kopi sebanyak satu gelas perhari, mengonsumsi teh hitam dengan gula sebanyak dua gelas perhari, mengkonsumsi beberapa jenis jus buah, kalau bisa makanlah kurma yang banyak, serta minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas per hari agar asupan mineral dalam tubuh dapat tercukupi.

Saya juga akan memberikan daftar makanan yang disarankan bagi penderita darah rendah. Berikut daftar makanan yang disarankan bagi penderita darah rendah.

Jenis Kacang kacangan
Semua jenis kacang kacangan mengandung serat yang baik bagi tubuh. Sehingga tubuh merasa tercukupi serta membantu meningkatkan sel sel darah merah dalam tubuh. Contoh jenis kacang kacangan tersebut yaitu kacang kedelai, kacang tanah, kacang almond, kacang merah, kacang polong dan jenis kacang lainnya.

Jenis Karbohidrat
Karbohidrat dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah serta memperbaiki sel sel darah yang rusak. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat tersebut seperti gandum, beras merah, sereal, oat, kentang serta bahan bahan lain yang mengandung karbohidrat sehat.

Jenis Sayur sayuran
Sayur sayuran dapat mencukupi kadar nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sayuran tersebut dapat meningkatkan tekanan darah sehingga dapat normal kembali. Anda dapat mengkonsumsi jenis sayuran seperti sayur bayam, selada, daun singkong, daun pepaya serta jenis sayur lainnya.

Jenis Hasil Laut
Mengkonsumsi hasil laut dapat mencukupi kebutuhan kadar garam dalam tubuh. Karena megandung zat zat yang baik bagi tubuh seperti omega tiga, protein, vitamin maupun mineral. Anda dapat mengkonsumsi jenis jenis ikan laut seperti ikan tuna, salmon, lele dan lain sebagainya. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi hasil laut lainnya seperti lobster, cumi cumi, kepiting, tiram dan lain lain.

Jenis Daging dagingan
Daging dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh karena mengandung protein, vitamin serta mineral yang baik bagi tubuh. Jenis daging yang dapat dikomsumsi meliputi daging ayam, daging sapi, daging kambing serta jenis daging lainnya.

Jenis Buah Buahan
Buah buahan yang dapat dikonsumsi seperti buah anggur, buah manggis, buah kiwi, buah srawberry, dan buah apel yang mengandung serat serta vitamin yang baik bagi kesehatan. Jenis buah tersebut dapat memperbaiki sel sel darah merah yang mengalami penurunan.

Demikianlah pembahasan daftar makanan pantangan bagi penderita darah rendah. Selain pembahasan tadi juga sudah saya jelaskan juga mengenai makanan yang disarankan. Pada dasarnya penyakit darah rendah dapat kita atasi apabila mengkonsumsi makanan yang berserat serta menjaga kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah berkunjung diblog saya.
advertisement
Loading...
loading...