7 Cara Mengobati Amandel Pada Anak dan Dewasa Secara Alami

ads
7 Cara Mengobati Amandel Pada Anak dan Dewasa Secara Alami - Penyakit dapat terjadi oleh anak anak kecil maupun orang dewasa. Baik penyakit yang bersifat serius ataupun ringan. Sering kali penyakit tersebut disembuhkan melaui pengobatan medis. Namun selain pengobatan medis terdapat pula pengobatan secara alami yaitu menggunakan obat obat tradisional. Penyakit tersebut misalnya adalah penyakit amandel. Penyakit amandel dapat terjadi pada anak anak kecil maupun dewasa. Penyakit tersebut tidak memandang usia, jadi dapat terjadi kepada siapa saja.
Amandel merupakan penyakit pada  mulut yang mengalami peradangan. Amandel dapat disebabkan oleh virus dan bakteri yang masuk kedalam mulut maupun melalui hidung. Orang yang mengalami amandel merasakan sakit saat kita menelan makanan, sering sakit kepala dan mengalami pembengkakan serta pembesaran pada getah bening. Penyakit amandel sering kali terjadi dan penyembuhannya biasanya melalui pengobatan medis. Pengobatan medis tersebut melakukan operasi kecil pengambilan amandel yang telah mengalami pembesaran. Namun apabila anda masih takut melakukan pengobatan medis, tidak perlu risau karena amandel dapat diobati melalui obat obatan alami. Cara mengobati amandel dapat disembuhkan dengan berbagai macam bahan alami yamg mudah ditemukan.


7 Cara Mengobati Amandel Pada Anak dan Dewasa Secara Alami

Obat obatan maupun buah buahan yang sering kita temui bahkan sering kita abaikan ternyata dapat bermanfaat dalam menyembuhkan amandel. Kita perlu mengetahui bahan apa saja yang dapat mengobati penyakit amandel tersebut. Bahan bahan alami tersebut dapat kita temui sehari hari seperti madu, jeruk nipis, jahe, buah mengkudu, bawang merah, daun benalu dan kulit manggis. Perawatan pengobatan amandel dapat kita lakukan dirumah atau dengan saran dokter. Berikut 7 cara mengobati amandel pada anak dan dewasa menggunakan bahan bahan alami.

Jeruk Nipis

Mengobati Amandel dengan Jeruk Nipis
Jeruk nipis sering kali kita temui sehari hari. Jeruk nipis sering kita gunakan dalam memasak ikan atau dapat pula kita jadikan sebagai minuman. Namun selain hal hal tersebut ternyata jeruk nipis dapat menyembuhkan penyakit amandel pada anak dan orang dewasa. Kandungan vitamin C pada jeruk nipis  sangat tinggi sama seperti kandungan vitamin pada tomat sehingga dapat menjaga kekebalan tubuh. Kandungan vitamin pada jeruk nipis membuat peradangan serta infeksi pada amandel semakin berkurang dan selanjutnya perlahan akan membaik sampai sembuh. Adapun cara mengobati amandel menggunakan jeruk nipis:

  • Siapkan bahan bahan alami seperti jeruk nipis dan kapur sirih
  • Ambil 2 buah jeruk nipis lalu potong menjadi dua
  • kemudian peras jeruk nipis yang telah dipotong tadi untuk diambil airnya
  • Campur air perasan jeruk nipis tadi dengan air kapur sirih
  • Terakhir minum hasil campuran air tersebut 3 kali sehari secara teratur

2. Daun Benalu

Mengobati Amandel dengan Daun Benalu

Bahan alami yang kedua adalah daun benalu. Daun benalu tersebut sering kali dianggap sebagai tumbuhan parasit yang terdapat pada tumbuhan. Namun daun benalu yang dianggap merugikan oleh masyarakat ternyata memiliki khasiat dalam pengobatan amandel pada anak dan dewasa. Daun benalu biasanya ditambah dengan tanaman Adas Pulowaras dalam mengobati amandel. Adapun cara mengobati amandel pada anak dan dewasa menggunakan daun benalu:
  • Siapkan bahan bahan alami seperti daun benalu dan adas pulowaras
  • Haluskan daun benalu serta adas pulowaras tersebut
  • Saring hasil daun benalu dan adas pulowaras tadi yang telah dihaluskan
  • Kemudian seduh dengan air panas
  • Minumlah hasil seduhan air tadi secara rutin agar amandel tersebut cepat sembuh

Bawang Merah

Mengobati Amandel dengan Bawang Merah
Bawang merah didalamnya terdapat lapisan lapisan yang terdapat zat inflamasi dalam meredakan panas dan mengurangi peradangan pada penyakit amandel. Bawang merah tersebut  dapat digunakan dalam pengobatan amandel dengan cara direbus atau dimakan langsung. Adapun pengobatan amandel menggunakan bawang merah dengan cara direbus:
  • Ambil bawang merah dan kemudian kupas
  • Setelah itu rebus bawang tersebut dengan air hingga air mendidih
  • Minum air rebusan bawang merah tersebut, namun apabila tidak tahan untuk meminumnya dapat juga digunakan untuk berkumur kumur
  • Lakukan cara tersebut secara rutin

Buah Mengkudu

Mengobati Amandel dengan Buah Mengkudu
Buah mengkudu merupakan bahan alami yang sering kali di abaikan karena rasa buah ini tidak enak. Namun walaupun rasanya tidak enak buah mengkudu memliki khasiat dalam menyembuhkan penyakit yang diderita. Penyakit tersebut misalnya saja amandel yang terjadi pada anak maupun dewasa. Adapun cara mengobati amandel dengan buah menggudu :
  • Siapkan buah mengkudu yang sudah matang
  • Peras buah mengkudu tersebut untuk diambil airnya
  • Sharing hasil perasan buah mengkudu tadi
  • Tambahkan madu asli agar rasa buah mengkudu tidak terlalu pahit
  • Minumlah ramuan alami tersebut secara teratur

5. Kulit Manggis

Mengobati Amandel dengan Kulit Manggis
Selanjutnya terdapat bahan alami lain yang sering kita abaikan. Seperti kulit buah manggis yang sering kita anggap sampah karena tidak berguna lagi. Namun tanpa kita ketahui kulit manggis dapat menyembuhkan beberapa penyakit contohnya saja penyakit amandel. Cara mengobati amandel menggunakan kulit manggis
  • Siapkan bahan bahan tersebut seperti 15 kulit manggis yang telah dikeringkan
  • Ambillah air secukupnya sebagai bahan pelengkap
  • Kemudian rebuslah kulit manggis kering sampai airnya mendidih
  • Setelah itu tunggu hingga air menjadi dingin
  • Ambil air kulit manggis yang telah dingin tadi dan kemudian kumur kumur tetapi air tersebut jangan sampai diminum
  • Lakukan kumur kumur dua kali sehari secara teratur

6. Jahe

Mengobati Amandel dengan Jahe
Bahan alami selanjutnya adalah tanaman jahe. Jahe dapat menghangatkan tubuh, meredakan radang tenggorokan dan asma. Selain itu jahe dapat pula digunakan sebagai obat untuk mengurangi radang amandel yang kita derita. Cara menggunakan tanaman jahe sebagai obat amandel pada nak dan dewasa :
  • Siapkan Jahe
  • Rebus jahe tersebut hingga airnya mendidih
  • Tambahkan madu murni kedalam air rebusan jahe tadi
  • Minumlah ramuan jahe dengan tambahan madu tadi secara teratur agar amandel tersebut dapat cepat sembuh

7. Madu

Mengobati Amandel dengan Madu
Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat bagi tubuh. Madu tersebut juga dapat digunakan dalam mengobati amandel. Cara mengobati amandel menggunakan madu yaitu dengan cara dikonsumsi secara langsung maupun dapat dicampur dengan obat obat lain. Konsumsi madu secara teratur agar radang amandel cepat sembuh.


Inilah 7 bahan alami yang dapat digunakan dalam mengobati amandel pada anak dan dewasa. Bahan bahan alami tersebut dapat digunakan sebagai obat alternatif dalam mengobati amandel. Namun sebelumnya harus ada konsultasi dengan dokter agar lebih aman. Selain bahan bahan alami tersebut adapula tips mengobati amandel pada anak dan dewasa. Mari kita simak tips mengoati amandel dibawah ini.

Tips Mengobati Amandel Pada Anak dan Dewasa

Cara mengobati amandel selain menggunakan obat obat alami diatas dapat pula melakukan beberapa tips yang akan kita bahas selanjutnya. Penderita amandel juga harus manjaga kondisi tubuh mereka serta menjaga asupan gizi pada makanan yang mereka konsumsi. Pada penderita amandel yang telah sembuh alangkah lebih baik melakukan tips dibawah ini agar radangg amandel tidak semakin parah. Adapun tips mengobati amandel pada anak dan dewasa :

  • Isitirahat yang cukup
Istirahat merupakan hal terpenting bagi tubuh agar tubuh dapat beristirahat setelah seharian bekerja atau beraktivitas. Selain itu dapat mengembalikan stamina tubuh serta kekebalan tubuh agar radang amandel tidak semakin parah.
  • Jauhi makanan makanan pedas dan makanan yang masih panas 
Akan lebih baik penderita amandel menjauhi makanan panas dan pedas seperti gorengan, sambal, gulai dan makanan lain yang mengandung lemak tinggi juga. Makanan makanan tersebut dapat mengakibatkan radang amandel semakin parah.
  • Makan makanan yang bersifat lembek
Nutrisi dalam tubuh harus tetap dijaga dengan makan makanan sayuran serta makanan lain yang tidak memperparah amandel. Namun makanan makanan tersebut harus memiliki tekstur yang lembek, cair dan lunak agar penderita amandel tidak sakit dalam menelan makanan. Anda dapat pula mengkonsumsi jus buah, jus sayur  atau es krim agar dapat mendinginkan mulut dan tenggorokan.
  • Perbanyak  minum air putih
Air putih memang memiliki manfaat yang penting bagi tubuh kita. Salah satunya mengobati amandel agar tenggorokan tidak kering serta menambah kekebalan dalam tubuh kita. Dengan memperbanyak minum air putih dapat membuat tubuh kita tidak lemas.

Berikut merupakan tips mengobati amandel pada anak dan dewasa yang dapat dicoba dirumah. Tetapi apabila penderita amandel mengalami tahap amandel yang kronis alangkah baiknya menggunakan pengobatan medis. Itulah satu satunya jalan yang dapat ditempuh melalui operasi medis. Operasi tersebut memang beresiko namun tidak ada cara lain selain operasi yang dapat menyembuhkan amandel yang bersifat akut.
advertisement
Loading...
loading...