Cerita Mistis Misteri Penampakan Hantu Dan Harimau Putih Di Keramat Makam Ki Ageng Banjarsari

ads

Cerita Mistis Hantu Nyata Penampakan Hantu Pocong Dan Penampakan Harimau Putih Di Keramat Makam Ki Ageng Banjarsari

Misteri Penampakan Harimau Putih Di Keramat Ki Ageng Banjaransari.Beliau adalah salah satu keturunan dari Prabu Brawijaya V, atau penguasa terakhir Kerajaan Majapahit Beliau berkelana hingga ke daerah selatan karena desakan pengaruh agama Islam dan Demak. Perjalanannya sampai di daerah yang saat ini masuk wilayah Dusun Tengklik Desa Watu Bonang Sukoharjo Jawa Tengah, hingga beliau meninggal dan dimakamkan di sebuah bukit yang sangat indah pemandangannya, yaitu bukit Taruwongso.
cerita mistis misteri kisah nyata penampakan hantu pocong dan harimau putih di keramat makam ki ageng banjaransari

Makam itu sekarang tidak sendirian. Di kompleks makamnya, beberapa trah atau keturunannya juga dimakamkan. Bahkan beberapa sesepuh warga sekitar juga dimakamkan cli sana. Setiap hari-hari tertentu tempat ini ramai dikunjungi masyarakat untuk melakukan ziarah. Lebatnya hutan di bukit ini juga menjadi daya tarik beberapa organisasi pemuda dan mahasiswa untuk melakukan latihan mental dan fisik di tempat ini.

“Namun seiring banyaknya jumlah pengunjung, kejadian aneh yang terjadi di seputar makam juga makin sering,” ungkap Wardi Suyatno (71), juru kunci dari makam Ki Ageng Banjaransari.

Kejadian aneh itu berupa peristiwa-peristiwa Penampakan hantu gaib yang terdengar hantu seram bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian lagi malah terdengar bagaikan anugerah ataupun rahmat yang patut disyukuri. Kejadian-kejadian aneh itu diyakini memang berkaitan dengan aura mistis makam sang tokoh. Di antaranya adalah penampakan binatang buas macan putih, kemunculan sinar mirip kembang api, serta seringnya gangguan berupa penampakan hantu orang yang menggantung di pohon, atau orang mirip hantu pocong yang hidup di depan makam.

“Penampakan yang sering maujud adalah penampakan hantu sosok macan putih dan juga penampakan sosok manusia yang menggantung diri di pohon di depan makam,” ujar lelaki yang sudah 22 tahun menjadi juru kunci di makam tersebut.

Binatang berujud Macan Putih hanya muncul saat ada orang yang melakukan ritual gaib di dalam ruangan kompleks makam. Pengunjung yang melakukan ritual biasanya akan duduk bersila di sekitar batu nisan makam. Namun saat pengunjung tidak banyak atau sedang sepi, banyak yang melakukan sambil tidur di sisi kanan-kiri batu nisan.

Nah beberapa di antara mereka sering melihat kemunculan Harimau Putih. binatang buas ini diyakini sebagai pertanda gaib, bahwa apa yang diharapkan dari ritual gaib pengunjung Iebih banyak dikabulkan.

Cerita Misteri Penampakan Harimau Putih Di Makam Keramat Ki Ageng Banjaransari Jawa Tengah


Bahkan orang yang melihat Macan Putih di makam dipercaya langsung mempunyai kekuatan supranatural atau atas rata-rata daripada kekuatan orang biasa.Ada yang mengaku melihat dengan sadar, namun ada yang mengaku dalam posisi antara sadar dan tidak saat melihatnya. Namun banyak lainnya yang bungkam alias tidak mau bercerita tentang pengalamanya. Hal tersebut merupakan rahasia mereka dalam memburu berkah di tempat keramat tersebut. Mereka hanya mau berbagi dengan orang-orang dekatnya saja.Cara mendapatkan ilmu manusia harimau yang asli

“Hal tersebut sudah biasa, karena mereka tidak ingin pengunjung yang lain mengikuti jejak keberhasilan mereka dengan gampang,” tutur suami dari Suyatmi ini.

Sesaat setelah ada yang melihat Harimau putih, biasanya selang beberapa hari mereka akan menemukan sesuatu yang lain dari hidupnya. lntinya sebuah perubahan positif dan membahagiakan. Seperti tiba-tiba saja rejekinya bertambah banyak dengan lancar, bisnisnya meningkat, pangkatnya naik secara cepat, atau bertemu dengan pekerjaan, atau jodoh kekasih yang selama ini di idam-idamkannya.

“Setelah bertemu dengan sosok harimau putih biasanya mereka akan tepak rejekinya,” tuturnya lagi.

Tepak rejeki maksudnya adalah lancar rejekinya. Namun pengunjung yang melakukan ritual itu memang sangat banyak permohonannya. Semuanya tergantung dari masing-masing keperluan dan kepentingan atau yang berkaitan dengan masalah hidup Si pengunjung. Malam Selasa Legi dan Jum’at Kliwon adalah hari favonit pengunjung untuk melakukan ziarah.

“Pengunjung yang paling sering kemari hingga berkali-kali adalah kaum seniman yaitu dalang wayang kulit,” ceritanya pula.
misteri mistis penampakan hantu keramat makam

Penuturannya ada juga banyak Dalang Kondang/terkenal asal dari Jawa Tengah maupun Jawa Timur yang juga telah sering datang berkunjung. Selain berziarah layaknya orang yang berziarah di makam leluhur, mereka juga melakukan ritual untuk memohon pada aura gaib makam. Isi permohonan adalah mengharap agar profesi sebagai Dalangnya bisa langgeng dan selalu ajeg mendapat job atau order pementasan wayang. Dengan begitu rejeki para dalang besenta kru-nya otomatis juga ikut lancar.

Malah sebagai wujud syukur setelah doa ritual mereka terkabul, beberapa ada yang mengadakan pentas wayang kulit di dekat lokasi makam. Selain mementaskan wayang, mereka juga membuat sesaji jajanan pasar dengan menu utama buah Pisang Setangkep serta Ayam lngkung. Sesaji itu digelar di halaman depan makam sebelum pentas dimulai. Setelah berdoa bersama serta disantap bersama, maka pentas wayang bisa dimulai.

Mitos Misteri Di Keramat Makam Ki Ageng Banjaransari


Ada yang unik saat acara menyantap sesaji yang telah didoakan itu. Bagi siapa saja yang kebetulan hadir saat acara berlangsung dan ditawari makanan sesaji itu oleh panitia syukuran, maka wajib memakannya. Jika ikut memakan maka dipastikan hidupnya akan sejahtera. Paling tidak akan sejahtera selama waktu menunggu adanya acara syukuran lagi dari para dalang atau pengunjung yang merasa kabul ritualnya.

“Jika tidak mau memakan saat ditawari, biasanya yang bersangkutan akan sakit perut saat pulang dari acara tersebut,” tegasnya.

Mitos tersebut sangat dipercaya oleh banyak orang yang hadir. Jadi bagi siapa saja yang sejak awal tidak ingin mencicipi atau tidak ingin makan bagian dari menu sesaji tersebut, biasanya akan memilih untuk menjauh atau sedikit menyingkir dari arena syukuran. Hal tersebut untuk menghindari agar tak ditawari makan dari pemimpin doa atau panitia syukuran.

Penampakan Sinar Misterius Di Keramat Makam Ki Ageng Banjaransari


Sementara di malam-malam tertentu sering muncul sinar api yang memancar seperti air mancur atau kembang api. Titik lokasi sinar ini berada di luar ruangan utama makam. Jika ada yang melihat sinar ini, dipercaya yang bersangkutan akan mendapat rejeki berupa pusaka. Namun tidak setiap orang berani mendekati sinar ini saat sinar ini muncul.
cerita kisah misteri penampakan hantu

“Padahal jika saja ada yang berani mendekat, dipercaya akan menemukan benda pusaka yang wujudnya bermacam-macam,” tutur juru kunci ini lagi.

Saking terangnya sinar ini, hingga bisa disaksikan sampai dari jarak agak jauh. Bahkan beberapa warga yang berada di bawah bukit pun seringkali mengaku melihat adanya kilatan sinar terang ini. Namun biasanya rasa takut mengalahkan rasa penasaran warga, jadi jarang yang berhasil mengambil benda-benda pusaka yang sudah ditandai dengan sinar gaib tersebut.

Khusus untuk pengunjung yang datang mengendarai sepeda onthel ataupun sepeda motor sering dijumpai oleh penampakan orang-orang yang menggantung di atas pohon. Posisi menggantung itu tidak seperti orang menggantung bunuh diri, melainkan bergelantungan di dahan-dahan dengan kepala menghadap ke bawah dan kaki di atas. Kejadian seram itu sering terjadi saat pagi hari menjelang matahari terbit atau sore hari saat matahari mulai bergerak tenggelam.

“Yang menjadi seram, tubuh yang bergelantungan itu persis mayat, masih berbalut kain kafan yang terlihat sudah compang- camping,” katanya.

Nah bagi siapapun yang melihat saat sedang naik sepeda biasanya akan kaget dan tahu-tahu mereka akan jatuh menabrak pohon atau tembok pagar di depannya. Bahkan tak jarang mereka terjatuh karena kaget dan tiba-tiba langsung pingsan. Begitu tersadar semua sudah kembali normal. Atau begitu bangun dari jatuhnya, pemandangan seram itu tiba-tiba menghilang begitu saja.
                              
“Jika tak percaya, saat sore atau pagi hari lebih-Iebih saat hujan gerimis datang silakan saja datang ke sini dengan mengendarai sepeda, jika beruntung akan menjumpai pemandangan aneh menyeramkan itu,” ujarnya serius.

Hingga sampai saat ini tidak ada yang mengetahui secara pasti pertanda gaib apa dari penampakan seram mayat gelantungan di atas pohon itu. Hanya ada nasehat bagi pengunjung, agar saat masuk atau mendekati kompleks makam agar jangan melamun dan pikiran tetap dijaga agar selalu sadar dan terhindar dari pemandangan seram itu. Bahkan pernah dulu, serombongan orang yang sedang bersepeda santai tiba-tiba saja jatuh hampir bebarengan gara-gara semuanya melihat kejadian tersebut.

Kejadian aneh lagi adalah saat banyak kelompok pelajar, mahasiswa, atau organisasi kepemudaan mengadakan kegiatan di sekitar lokasi untuk ujian fisik dan mental. Sering ada kejadian gaib yang menimpa pesertanya. Misalnya saat dulu ada peserta mengadakan lintas malam di kompleks kuburan di luar makam utama. Maksudnya untuk menguji keberanian mental peserta.

Namun peserta yang dimaksud tidak muncul-muncul hingga pagi harinya. Baru setelah siangnya tahu-tahu muncul, ia mengaku ia hanya berjalan berputar-putar terus mengelilingi makam tanpa bisa berhenti dan anehnya sosoknya tidak bisa dilihat oleh rekan-rekannya yang hanya berjarak beberapa meter saja dari lokasinya berputar-putar.

Cerita Seram Mistis Misteri Hantu Nyata Penampakan Hantu Pocong Di Keramat Makam Ki Ageng Banjaransari


Bahkan pernah seorang komandan Menwa (Resimen Mahasiswa) dari kampus terkenal di Solo yang mengadakan latihan di lokasi dekat makam yang penuh dengan hutan dan semak belukar. Dalam latihan ada sesi acara, bahwa peserta harus melalui beberapa rute yang melintasi kuburan dekat makam. Nah sang komandan sudah siap dengan jurus kejutan. Yaitu akan menakut-nakuti tiap peserta dengan hantu pocong yang akan dibuat sendiri olehnya dan beberapa temannya. Menjelang Maghrib tiba ia mulai membuat boneka pocong dibantu kawan-kawannya.

“Ketika niat rencana membuat pocong-pocongan  dipergoki oleh juru kunci makam, sebenarnya telah diperingatkan agar sebaiknya dibatalkan saja, namun sang komandan yang gagah itu rupanya nekat membuat,” tuturnya.

Lalu apa yang terjadi? Sesaat setelah boneka pocong yang diberi kain kafan itu telah jadi, dan azan lsya juga belum mulai berkumandang, tiba-tiba sang komandan dikejutkan oleh suara berdesir di dekatnya. Tanpa ada yang menduga tiba-tiba saja boneka pocong yang dibaringkan telah berubah menjadi tiga boneka pocong yang wujudnya sama persis. Ketiganya berbaring berdampingan.

Belum sempat hilang rasa kaget dan heran Si komandan beserta teman-temannya, tiba-tiba saja ketiga pocong itu berdiri bebarengan secara kompak. Sontak sang komandan dan kawan-kawannya Iari berhamburan ketakutan. Akhirnya mereka mendatangi rumah juru kunci dan menceritakan apa yang terjadi. Oleh sang juru kunci, akhirnya ketiga pocong yang telah dalam posisi berbaring lagi itu dilucuti lagi kain kafannya.

Dan anehnya dua boneka pocong gaib yang muncul entah darimana itu saat kainnya dilucuti bagian dalamnya tidak ada isinya apa-apa. Dan kain kafannya saat disimpan dalam bungkusan, keesokan harinya juga raib secara gaib tanpa ada seorangpun yang menyentuhnya. Semenjak kejadian itu, setiap ada yang ingin melakukan kegiatan atau latihan selalu meminta petunjuk dengan detil apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada sang Juru Kunci.

Baca Juga Misteri keramat makam Punden Untung Sari
Itulah menguak misteri penampakan hantu pocong dan harimau putih di keramat makam Ki Ageng Banjaransari Jawa Tengah
advertisement
Loading...
loading...