Cara Mengobati (Obat) Impetigo Untuk Bayi dan Balita

ads
Cara Menyembuhkan (Obat) Impetigo Untuk Bayi dan Balita - Obat impetigo untuk bayi dan balita umumnya dapat menggunakan bahan alami dan tradisional. Impetigo sendiri merupakan sebuah penyakit kulit yang umumnya diderita oleh bayi hingga balita. Penyakit impetigo yang mucul akan menyerang kulit sekitar wajah, leher, hingga menjalar ke area punggung dan tangan. Penyakit ini pada dasarnya disebabkan oleh bakteri staphylococcus aureuss dan streptococcus pyogeness.

Gejala awal dari penyakit impetigo pada bayi dan balita sangat beragam. Salah satunya adalah munculnya ruam pada wajah, rasa gatal yang hebat, area kulit wajah membengkak, dan kulit bagian luar mengeluarkan cairan seperti nanah. Memingat penyakit ini menyerang bayi dan balita, maka diperlukan penanganan khusu untuk mengobati impetigo. Umumnya kita dapat membawa bayi yang terkena penyakit impetigo ke dokter spesialis bayi untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan.
cara menyembuhkan ipetigo

Namun jika anda enggak untuk berobat dan memilih untuk mengobati impetigo pada bayi dan balita dengan cara tradisional dan obat obatan alami maka anda dapat mempraktekkan langah dan cara di bawah ini.

Cara Mengobati (Obat) Impetigo Untuk Bayi dan Balita

Berdasarkan pengalaman yang telah saya dapat dan pelajari. Untuk mengobati dan menyembuhkan impetigo pada bayi dan balita dengan cepat dapat dilakukan lima penanganan. Apa saja 5 cara untuk mengobati impetigo tersebut? berikut adalah ulasannya.

Kompres Air Hangat
Cara pertama mengobati impetigo adalah dengan menggunakan kompres air hangat. Pada dasarnya bakteri penyebab impetigo yang terdapat di area sekitar kulit dapat dihilangkan dengan menggunakan panas yang dihasilkan dari kompres air hangat ini. Maka dari itu gunakan kompers air hangat ini untuk membantu pengobatan dan proses penyembuhan impetigo pada bayi dan balita. Tidak hanya itu, hawa panas yang dihasilkan dapat memempercepat proses pengeringan pada area kulit yang terkena impetigo.

Cara mengobati impetigo dengan kompres ini juga relatif mudah untuk dilakukan. Cukup celupkan sebuah kain bersih kedalam air panas yang sebelumnya telah disiapkan. angkat dan peras kain tersebut dan tempelkan pada area kulit bayi atau balita yang terkena impetigo selama beberapa menit. Sebagai catatan adalah beberapa kulit bayi umumnya sangat sensitif, maka dari itu perhitungkanlah tingkat suhu yang akan anda gunakan. Cara mengobati ini dapat anda lakukan secara teratur 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Bawang Putih
Bawang putih merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat. Kandungan antibakteri dan antibiotik yang terdapat pada bawang putih dapat kita gunakan untuk menyembuhkan impetigo pada bayi dan balita. Umumnya reaksi dari bawang putih sangat cepat untuk mengobati impetigo karena, hal ini dapat dirasakan dengan berkurangnya rasa gatal akibat dari penyakit ini.

Cara mengobati dengan bawang putih juga cukup mudah. Yakni cincang 4 siung bawang putih lalu campurkan dengan winyak wijen dan aduk rata. Setelah semua tercampur rata, saringlah minyak wijen tersebut. Ampas saringan inilah yang akan kita gunakan untuk mengobati impetigo. Caranya menggunakan ampas ini adalah oleskan ampas ke atas permukaan area kulit yang terkena impetigo lalu diamkan selama beberapa menit. Ulangi langkah ini 2 kali sehari secara teratur.

Cuka Putih
Antibiotik merupakan zat yang mampu mencegah penyebaran infeksi. Agar impetigo tidak semakin menyebar maka diperlukan adanya antibiotik dari luar. Cuka putih adalah salah satu bahan yang memiliki kandungan antibiotik alami yang cukup tinggi. Maka dari itu, penggunaan cuka putih menjadi obat impetigo untuk bayi dan balita sangat dianjurkan.

Cara menyembuhkan impetigo dengan cuka putih cukup mudah dilakukan, cukup celupkan kapas atau cottonbud bersih kedalam cuka putih. Secara perlahan oleskan kapas ke atas permukaan kulit yang terkena impetigo. Agar luka yang mengalami peradangan tidak terkena kotoran dan debu tutuplah luka tersebut menggunakan kapas atau kain bersih. Cara pengobatan ini dapat anda terapkan sebanyak 2 hingga 3 kali sehari secara rutin dan teratur.

Minyak Teh
Minyak yang terdapat pada pohon tek termasuk dalam jenis minyak alami yang dipercaya dapat menyembuhkan dan mengatasi impetigo pada bayi dan balita. Sama seperti cuka putih, minyak teh ini memiliki fungsi untuk membunuh kuman dan menghambat menyebarnya infeksi pada area sekitar luka. Hal ini dikarenakan minyak pohon teh memiliki semacam zat antimikroba dan anti inflamassi yang mampu mengurangi gejala dan infeksi impetigo yang menyerang anak-anak.

Cara menggunakan minyak teh untuk obat impetigo adalah campurkan 5 tetes minyak teh dengan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan campuran minyak ini ke permukaan kulit yang terkena luka. Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Lalu bilas kulit dengan menggunakan air hangat. Lakukan selama berulang 3 kali sehari secara teratur.

Lidah Buaya (Aloevera)
Lidah buaya atau yang lebih dikenal dengan aloevera memang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan luka dan membunuh bakteri bakteri penyebab luka. Umumnya zat antioksidan, antiseptik dan antibakteri yang terdapat pada aloevera akan bekerja dengan cepat membunuh bakteri penyebab luka dan infeksi.

Untuk menggunakan aloevera sebagai obat impetigo anda dapat melakukan beberapa cara. Yakni potong batang aloevera yang masih segar kupas lalu ambil gelnya. oleskan gel ke area luka dan infeksi dan diamkan setidaknya selama 30 menit. Setelah kering lalu bilas dan bersihkan. Cara ini dapat anda lakukan secara rutin dan teratur. Selain dapat dijadikan obat impetigo oles. Aloevera juga dapat dijadikan jus yang selanjutnya diminum dan dikonsumsi.

Dari semua cara mengobati impetigo pada bayi dan balita di atas dapat kita simpulkan bahwa sama seperti penyakit kulit lainnya. Impetigo disebabkan oleh penyebaran kuman dan bakteri dan penyakit ini dapat disembukan dengan menggunakan obat dan bahan bahan alami. Namun tidak menutup kemungkinan dalam beberapa kasus infeksi yang ditimbulkan impetigo dapat meluas dan menjalar hingga bagian tubuh lainnya. Untuk lebih amannya anda perlu berkonsultasi ke dokter spesialis anak.

Itulah cara menyembuhkan dan obat impetigo untuk bayi dan balita yang dapat saya sampaikan kali ini.Jika menggunakan cara mengobati di atas impetigo masih menyebar maka jangan ragu lagi untuk berkonsultasi pada dokter spesialis kulit dan dokter anak.
advertisement
Loading...
loading...