Cara Mengatasi Dan Mengobati Leher Tengeng

ads
Cara Mengatasi Dan Mengobati Leher Tengeng - Leher kaku atau sering disebut tengeng sering kali dialami banyak orang terutama mereka yang selalu bekerja keras. Leher tengeng merupakan keadaan dimana seseorang mengalami nyeri pada area sekitar leher dan leher menjadi kaku yang dapat menyebabkan keterbatasan dalam hal menolehkan kepala. Karena keterbatasan inilah orang sulit untuk menolehkan kepala ke kanan maupun ke kiri karena jika dipaksakan leher akan terasa sakit dan nyeri. Banyak orang bertanya tanya "apa obat leher tengeng?" yang bertujuan untuk menyembuhkan sakit leher kaku ini. Pada dasarnya leher tengeng akan terjadi setelah bangun tidur. Tengeng dapat muncul karena berbagai faktor mulai dari kecapekan, posisi tidur yang tidak pas, penempatan bantal yang tidak sesuai dan lain sebagainya.

Pada dasarnya obat leher tengeng sangat mudah dicari. Untuk leher tengeng yang belum terlalu kronis anda dapat menggunakan minyak kayu putih hingga memijat area leher secara perlahan. Namun untuk tengeng yang tidak kunjung sembuh jangan mengambil resiko mencari cara mengatasi leher tengeng jika memang sakit leher ini sudah terjadi sangat lama. Sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
cara mengobati sakit leher tengeng

Sakit tengeng atau dalam bahasa jawa juga disebut kenger adalah penyakit leher yang mengganggu. Seperti yang kita ketahui leher tengeng dapat terjadi pada siapa saja tanpa ada gejala di awal. Meskipun tengeng dapat disebabkab berbagai faktor namun pada dasarnya penyebab utama leher tengeng adalah posisi tidur yang tidak sesuai. Pada saat kita tidur secara otomatis kita juga mengistirahatkan otot-otot tubuh kita. Penepatan posisi bantal yang sesuai juga dapat mempengaruhi terjadinya tengeng karena jika kita menempatkan posisi bantal dengan benar otot leher akan terasa rileks.

Faktanya banyak orang yang mengabaikan posisi tidur yang sesuai sehingga mereka mudah sekali terkena leher tengeng. Memang tidak ada gejala pasti yang dapat menandai terjadinya leher tengeng. Namun ketika terbangun dari tidur leher akan terasa sakit dan nyeri waktu kita akan mencoba menoleh ke kanan maupun ke kiri.

Cara Mengatasi dan Mengobati Leher Tengeng 

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengobati dan mengatasi leher tengeng dengan cepat dan aman. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan dibawah ini.

Memperbaiki Posisi Tidur
Jika anda tidak pernah memperhatikan posisi tidur yang benar maka ubahlah kebiasaan tersebut karena posisi tidur yang benar merupakan faktor utama penyebab terjadinya sakit leher tengeng atau kaku. Dibawah ini adalah gambar atau ilustrasi tentang posisi tidur yang benar.
cara mengobati dan mengatasi leher tengeng
Dengan memperbaiki posisi tidur maka anda dapat mengobati dan mengatasi sakit leher tengeng
Melakukan Pemijatan
Pemijatan adalah alternatif kedua yang dapat anda coba. Pada dasarnya pemijatan bertujuan untuk melemaskan otot leher kaku yang menjadi penyebab terjadinya tengeng. Pemijatan dilakukan secara perlahan pada area leher yang tengeng dengan diimbangi pemberian minyak urut atau minyak kayu putih agar leher menjadi hangat.

Minyak Urut / Minyak Kayu Putih
Minyak urut atau minyak kayu putih yang bersifat menghangatkan dapat membantu melemaskan otot yang kaku. Banyak orang yang mengalami masalah otot seperti keseleo menggunakan minyak urut untuk membantu mengobati penyakit tersebut. Penggunaan minyak urut juga sangat mudah, cukup oleskan minyak di sekitar area leher yang tengeng dan tunggu hingga leher menjadi hangat.

Kompres
Kompres air panas merupakan alternatif yang dapat anda coba. Cara membuat kompres untuk leher tengeng cukup mudah yakni celupkan handuk bersih kedalam air panas, lalu angkat dan peras handuk tersebut. Penggunaan kompres air panas pada leher dapat mengurangi rasa sakit akibat tengeng dan memberikan perasaan nyaman pada leher.

Melakukan Pemanasan
Pemanasan dilakukan untuk merenggangkan otot leher yang kaku akibat tengeng. Pemanasan bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit akibat tengeng secara perlahan. Anda dapat melakukan pemanasan pada area leher dengan cara menoleh ke kanan dan kiri secara perlahan.

Menyesuaikan Posisi Bantal
Selain posisi tidur yang kurang sesuai, ternyata penyesuaian posisi bantal yang salah juga dapat menyebabkan leher tengeng. Penempatan posisi bantal yang benar adalah dengan menempatkannya sampai area bahu sehingga otot leher tidak tegang dan tidak menjadi tumpuan pada saat tidur. Dalam beberapa kasus, bantal yang padat dan keras juga dapat menyebabkan leher tengen. Maka dari itu pilihlah bantal empuk yang sesuai untuk anda.

Obat Penghilang Nyeri
Obat penghilang rasa nyeri adalah cara terakhir yang dapat dilakukan apabila cara-cara di atas tidak berhasil. Terdapat banyak sekali obat penghilang nyeri yang beredar di pasaran. Sedikit tips saya dalam memilih obat penghilang rasa nyeri adalah selalu teliti terlebih dahulu kandungan zat yang terdapat dalam label kemasan untuk menghindari terjadinya alergi atau komplikasi. Jangan terlalu percaya pada obat yang menawarkan dapat menghilangkan rasa sakit leher dan nyeri secara instan.

Itulah artikel tentang Cara Mengatasi dan Mengobati Leher Tengeng  yang dapat saya sampaikan. Pada dasarnya leher tengeng adalah penyakit otot yang sama seperti penyakit kebanyakan. Sama seperti penyakit lainnya leher tengeng dapat dicegah dengan istirahat teratur dan menerapkan posisi tidur yang sesuai. Namun jika anda sudah terkena tengeng, Maka segeralah mencari cara mengatasi leher tengeng tersebut agar tidak bertambah parah.
advertisement
Loading...
loading...