Bahaya dan Efek Samping Memakan Jamur Kotoran Sapi (Magic Mushroom)

ads
Bahaya dan Efek Samping Jamur Kotoran Sapi - Magic mushroom atau dalam bahasa jawa disebut dengan jamur letong (kotoran sapi) merupakan salah satu jamur yang apabila dimakan dan dikonsumsi dalam jumlah banyak akan menimbulkan efek samping dan bahaya untuk kesehatan. Jamur kotoran sapi (letong) ini memiliki banyak sekali sebutan yakni jamur ketawa, magic mushroom dan funny mushroom, Meskipun terdengar enak namun anda perlu tahu bahwa jamur ini tumbuh dan berasal pada kotoran sapi. Ketika mendengar kata kotoran sapi mungkin dibenak anda adalah jamur ini sangat menjijikkan, Namun jangan salah karena jamur ini juga banyak digemari dan dimakan oleh kalangan muda dan tua.

Bahaya dan efek samping memakan jamur kotoran sapi adalah perasaan tidak sadarkan diri namun disertai dengan perasaan senang. Efek samping jamur letong ini adalah dapat menimbulkan halusinasi berkepanjangan pada mereka yang memakannya, Umumnya orang yang memakan jamur kotoran sapi ini adalah mereka yang mencari kesenangan dan sensasi tersendiri, dengan memakan jamur kotoran sapi orang berharap untuk dapat melupakan masalah sementara dan menekan depresi yang tengah di alami. Menurut penuturan badan narkotika internasional, jamur kotoran sapi ini memang termasuk ke dalam narkotika dibawah kendali konvesi obat psycotrophyca 1971. Di Indonesi sendiri jamur kotoran sapi telah ditetapkan sebagai salah satu makanan yang mangandung zat addictive atau dapat menimbulkan kecandua.

Nama magic mushroom sendiri pada dasarnya berasal dari yunani (Psilocybecybensis) dan memiliki arti psylo yang secara etimologi dapat diartikan botak dan cybe diartikan kepala. Jadi dapat disimpulakan bahwa nama magic mushroom dalam bahasa yunani juga disebut dengan jamur berkepala botak karena memang karakteristik jamur ini adalah memiliki kepala jamur yang terkesan bulat menyerupai kepela manusia pada umumnya.

cara kerja senyawa pada jamur kotoran sapi pada dasarnya cukup sederhana, yakni ketika seseorang tengah memakan jamur kotoran sapi maka senyawa psylocibyn yang terdapat pada jamur akan ikut masuk ke dalam tubuh menyebabkan terganggunya kinerja otak dan keseimbangan motorik. Senyawa aktif ini akan menimbulkan perubahan perilaku, persepsi, perubahan fungsi otonom dan reflek motorik. Tidak hanya itu, efek samping yang ditimbulkan juga akan memberikan pengaruh fisik yakni mempengaruhi sistem pencernaan, kinerja organ tubuh, aliran darah, mual mual hingga menyebabkan susah untuk tidur.

Bahaya dan Efek Samping Memakan Jamur Kotoran Sapi

Umumnya efek samping yang timbul akibat memakan jamur letong (kotoran sapi) akan berlangsung selama beberapa jam saja tergantung berapa banyak jamur yang dimakan, semakin banyak jamur yang dimakan maka akan semakin lama pula efek sampingnya. Halusinasi yang dihasilkan pun juga akan berbeda-beda, umumnya halusinansi yang timbul akan menyesuaikan mood dan suasana dari orang yang memakannya. Jika jamur kotoran sapi dimakan dalam kondisi yang senang maka dampak yang akan timbul adalah halusinasi yang menyenangkan pula.

Sedangkan bahahaya memakan jamur kotoran sapi yakni bersifat jangka panjang seperti dapat menurunkan kecerdasan, membuat malas, menimbulkan gangguan jiwa hingga menyebabkan kematian.

Efek Samping Memakan Jamur Kotoran Sapi
Efek samping yang timbul setelah memakan jamur kotoran sapi adalah:

  1. Melihat sesuatu yang sangat lucu akibat dari halusinasi yang muncul. Ini akan membuat orang yang memakan magic mushroom tidak akan bisa mengendalikan tertawanya.
  2. Dapat menimbulkan efek lupa akan suatu hal setelah memakan jamur kotoran sapi. Seperti contoh hendak ke kamar dengan tujuan tidur namun setelah sampai di kamar akan lupa kenapa saya kekamar.
  3. Akan berhalusinasi jika menutup mata. Halusinasi yang muncul bisa lucu dan menyeramkan.
  4. Tidak bisa mengendalikan omongan ketika sedang berbincang-bincang dan sering berbicara ngelantur.
  5. Efek samping dari halusinasi yang ditimbulkan juga dapat mendengar suara suara yang aneh
  6. Menimbulkan rasa malas untuk beraktivitas.
  7. Sulit untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap objek. Sepert contoh ketika melihat pohon atau tembok maka objek tersebut akan terlihat seperti sedang bergerak-gerak.

Bahaya Memakan Jamur Kotoran Sapi (Magic Mushroom)
Bahaya yang timbul setelah memakan jamur kotoran sapi atau Magic mushroom adalah:

  1. Bahaya jangka panjang dari mengonsumsi jamur kotoran sapi setiap hari akan menimbulkan gangguan kejiwaan seperti gila dan ayan.
  2. Sulit untuk membedakan ilusi dan kenyataan.
  3. Dapat menimbulkan kematian.
Memang terkesan sepele namun memakan jamur kotoran sapi dapat menimbulkan kematian, bayangkan saja jika seseorang memakan jamur kotoran sapi secara terus menerus dan terus berhalusinasi sulit membedakan kenyataan dan ilusi. Ketika orang tersebut berhalusinasi ia akan melihat pisau sebagai sebuah bolpoin. Jika ia berhalusinasi tingkat tinggi maka tidak menutup kemungkinan pisau yang dikira bolpoin tersebut digunakan untuk menggambar di tangan. Jika pisau tersebut menembus pembuluh darah maka dapat dipastikan orang tersebut akan meninggal.

Memang sudah banyak sekali kasus kematian yang disebabkan oleh jamur ketawa ini, Karena sifatnya yang terkesan menghasilkan halusinasi akhirnya pemerintah indonesia membuat larangan untuk mengonsumsi dan memakan jamur kotoran sapi ini karena dapat membahayakan diri sendiri sekaligus orang lain yang berada disekitar kita.


Sedikit saran dari saya, kita tidak perlu lari dari permasalahan dan depresi dengan cara memakan jamur kotoran sapi ini. Namun sebagai seorang manusia yang beradab, berakal sehat dan memiliki keyakinan agama kita harus mendekatkan diri pada sang pencipta dalam segala masalah kita. Selain itu kita juga harus berdoa dan berusaha agar permasalahan kita cepat terselesaikan.

Itulah artikel yang membahas tentang bahaya dan efek samping memakan jamur kotoran sapi (Magic Mushroom) kali ini. Semoga kita dapat dihindarkan dari segala permasalahan yang timbul akibat memakan jamur ketawa ini. Terimakasih.
advertisement
Loading...
loading...