Apakah Rokok Elektrik Vapor Berbahaya Bagi Kesehatan?

ads
Bahaya Dan Efek Samping Vapor Rokok Elektrik - Penggunaan rokok elektrik vapor merupakan sebuah fenomena baru yang dapat kita amati disekitar kita. Pada mulanya rokok elektrik vapor diciptakan untuk mengurangi rasa ketergantungan perokok terhadap rokok tembakau atau rokok non elektrik karena pada awalnya rokok elektrik vapor ini diciptakan dengan tanpa kandungan nikotin sedikitpun sehingga tidak akan menambah kecanduan. Namun seiring berlajannya waktu, permintaan pasar yang menuntut agar didalam liquid vapor ditambahkan nikotin menjadi semakin besar. Akhirnya banyak produsen liquid vapor yang menambahkan nikotin kedalam campurannya.

Bukan tanpa bahaya dan efek samping rokok elektrik vapor diciptakan, pada kenyataannya vapor mengandung bahan-bahan dan zat yang asing untuk tubuh kita. Liquid yang nantinya dibakar oleh elemen panas sehingga menjadi uap adalah campuran yang terdiri dari beberapa zat seperti gliserine, glikol dan zat perasa. Semua bahan ini bercampur menjadi satu dalam wadah penampungan liquid dan akan dipanaskan oleh elemen panas di dalam vapor.
Bahaya dan efek samping rokok elektrik vapor

Dikarenakan belum adanya legalitas dan undang-undang yang mengatur tentang penggunaan vapor, akhirnya banyak produsen liquid memproduksi liquid hanya dengan memperkirakan takaran saja. Para dokter juga sepakat bahwa karena kandungan zat yang terdapat dalam rokok elektrik ini tidak menentu otomatis menjadikan rokok elektrik vapor berbahaya bagi kesehatan.

Bahaya Dan Efek Samping Vapor Rokok Elektrik

Jadi apa kesimpulan paragraf di atas? apakah vapor berbahaya? apakah ada efek samping yang ditimbulkan vapor? jawaban dari pertanyaan tersebut adalah IYA. dengan takaran yang hanya dikira-kira membuat kandungan zat-zat terutama nikotin dan tar yang terdapat dalam liquid rokok elektrik vapor menjadi tidak menentu.

Departemen kesehatan telah menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan rokok elektrik vapor sebagai alternatif pengganti rokok biasa yang menggunakan tembakau. Departemen kesehatan juga belum bisa memberikan aturan tentang takaran pasti bahan-bahan liquid tersebut.

Menurut saya pribadi sebagai pengamat kesehatan sekaligus mahasiswi yang mendalami ilmu kesehatan, penggunaan rokok elektrik vapor masih terlalu berbahaya karena kandungan zat liquid yang tidak menentu. Bahaya dan efek samping rokok elektrik vapor juga tidak tanggung-tanggung, Seperti dalam artikel sebelumnyayang telah kita bahas, rokok elektrk vapor dapat menyebabkan penyakit jantung, pengendapan paru-paru, gingga resiko mnculnya kanker dan dapat meyebabkan kematian.

Maka dari itu, sebelum memilih menggunakan rokok elektrik vapor sebagai alternatif rokok biasa ada baiknya anda memikirkan bahaya dan efek samping yang akan ditimbulkan oleh rokok elektrik vapor nantinya.
advertisement
Loading...
loading...