6 Penyebab Vaporizer (Vape) Meledak dan Bahayanya

ads
Penyebab Vaporizer (Vape) Meledak dan Bahayanya - Belakangan ini kerap kali kita mendengar berita yang kurang enak untuk didengar. Tidak lain dan tidak bukan adalah isu meledaknya vaporizer atau yang kerap disebut dengan vape. Vaporizer sendiri adalah sebuah rokok elektrik yang apabila dihisap dapat mengeluarkan kepulan asap. Meskipun cara penggunaan vaporizer ini berbeda dengan rokok konvensional namun sensasi yang dirasakan tidak jauh berbeda dengan sensasi merokok pada umumnya. Sama seperti barang elektronik lainnya yang dapat mengalami kerusakan apabila tidak digunakan dengan benar. Rokok elektrik ini juga dapat rusak bahkan dapat meledak seperti yang sedang diisukan sekarang ini.

Apa vape bisa meledak? Kenapa vaporizer bisa meledak? Jawaban dari pertanyaan ini sangat sederhana. Vaporizer (vape) atau rokok elektrik termasuk dalam kategori benda elektronik yang menggunakan baterai untuk menyimpan tegangan listrik. Katakanlah baterai pada vapor tersebut mengalami kebocoran. Jika hal ini tidak segera diatasi tidak menutup kemungkinan menjadi penyebab rokok elektrik meledak.

Jika penyebab rokok elektrik meledak tidak didentifikasi secara dini, hal ini tentunya akan membahayakan keselamatan kita pada saat melakukan vaping. Efek ledakan vaporizer ini sama seperti halnya petasan berukuran besar hingga sedang. Tentunya anda tidak ingin rokok elektrik atau vape yang tengah anda hisap berubah menjadi petasan yang siap meledak di mulut anda kapan saja bukan?. Untuk dapat mencegah vape meledak maka terlebih dahulu anda harus mengetahui faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab ledakan yang terdapat pada vaporizer anda.
http://www.kacamatasehat.com/2017/01/6-penyebab-rokok-elektrik-vapor-meledak.html
Pada dasarnya peyebab vape meledak sudah menjadi resiko bagi para vaper. Sudah banyak kasus vape meledak dengan penyebab yang bermacam-macam.Terakhir kali berita yang beredar adalah vape meledak di mulut seorang vaper asal inggris. Selain itu terdapat banyak kasus lain yang menjurus pada vape yang meledak. Sebagai seorang vaper anda tidak boleh sembarangan dalam memilih dan membeli vape, jangan mudah tergiur harga murah dengan membahayakan kesehatan dan keselamatan anda karena harga vape yang murah tidaklah sebanding dengan keselamatan anda.

Umumnya penyebab vape meledak berasal dari kesalahan si pemakai itu sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan juga penyeab meledaknya rokok elektrik ini berasal dari vaporizer buatan sendiri. Sama seperti ledakan pada umumnya, efek yang ditimbulkan dari ledakan vaporizer sangat berbahaya bagi manusia karena dapat menimbulkan luka bakar sangat parah. Maka dari itu penggunaan vaporizer hanya diperuntukkan untuk orang dewasa saja (18+) yang sudah siap menanggung resiko menghisap dan merasakan sensasi bom waktu ini.

Penyebab Rokok Elektrik (Vapor) Meledak

Penyebab rokok elektrik atau vaporizer meledak umumnya dapat disebabkan berbagai faktor. Faktor faktor tersebut bisa dikarenakan "humman error" bisa juga karena memang kesalahan yang berasal dari dalam vapor tersebut.

Jika kita telah mengetahui penyebab vape meledak maka dengan mudah kita dapat mengantisipasinya sebelum ledakan vape terjadi. Teliti dan berhati-hati merupakan kunci utama untuk mencegah vape meledak. Berikut adalah penyebab rokok elektrik (vaporizer) meledak yang dapat anda pelajari sebagai pengetahuan:

Jenis Mod Vaporizer
Umumnya vaporizer yang beredar di pasaran terbagi menjadi dua jenis jika diklasifikasikan berdasarkan Modnya yakni Electrical Mod dan Mechanical Mod. Secara garis besar memang kedua mod ini tidak tampak perbedaanya karena dibalut oleh body vapor. Namun jika dibandingkan harganya mechanical mod memiliki harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan electrical mod. Mekipun nampak murah, anda jangan langsung terpikat oleh harganya karena vaporizer tipe mechnical mod ini masih sangat rawan rusak dalam penggunaanya. Mechanical mod dan electrical mod memiliki perbedaan yang signifikan dari segi fitur. Mechanical mod tidak memiliki LCD sebagai indikator baterai dan tingkat suhu sehingga dapat menyebabkan vaporizer menjadi kepanasan. Karena fitur yang terbatas dan cara penggunaan yang lebih sulit yang memerlukan keahlian khusus, mechanical mod tidak direkomendasikan untuk pemula.

Kurangnya Pengetahuan Tentang Vapor
Mengingat vapor adalah alat elektronik, tentunya pada saat pembelian device vaporizer ini akan disertai dengan buku panduan. Buku panduan inilah yang kerap diabaikan oleh banyak penikmat vapor. Akhirnya banyak pengguna vapor yang mengalami permasalahan dan membahayakan dirinya sendiri. Pada dasarnya sengguna vapor (Vaper) diwajibkan untuk memahami cara menggunakan vapor yang benar berdasarkan buku panduan yang sudah disediakan. Selain tau cara menggunakannya vaper juga dituntut harus tau tentang perangkat mulai dari automizer, device, baterai hingga jenis liquid yang digunakan.

Umumnya kesalahan yang sering dilakukan oleh vaper pada penggunaan vaporizer adalah cara menghisap vaporizer itu sendiri. Hal ini memang tidak menyebabkan vaporizer meledak, namun hal ini akan berakibat buruk pada kesehatan anda seperti batu batuk dan sebagainya. Untuk dapat menghisap vapor dengan benar tanpa batuk batuk maka simaklah artikel sebelumnya yang berjudul Cara Menghisap Vapor yang Benar dan Aman.

Proses Charging yang Terlalu Lama
Taukah anda bahwa terlalu lama mencharge vapor dapat membuatnya rusak bahkan meledak?. Pada hakekatnya rokok elektrik merupakan barang elektronik yang menggunakan baterai untuk menampung tegangan listrik. Sama seperti alat elekronik yang menggunakan baterai lain seperti hanphone dan powerbank. Proses charging yang terlalu lama bahkan over charging dapat merusak baterainya.Proses charging yang tidak semestinya akan menyebabkan batre rusak dan tidak berfungsi secara normal. Umumnya gejala batre vapor yang rusak adalah jika digunakan sudah tidak bertahan lama atau mudah kepanasan. Sebaiknya proses charging dilakukan secukupnya saja, jika memang daya vapor sudah terisi penuh segeralah cabut charger dari vapor untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Kesalahan pada Settingan Vapor
Umumnya sebagian vaper berusaha menseting bahkan memodifikasi vaporizer miliknya agar vaporizer dapat memproduksi kepulan asap yang lebih banyak. Proses setting ini mencakup mengganti gulungan kawat atau coil untuk memicu pembakaran yang lebih besar. Jika setting yang dilakukan mengalami kesalahan seperti koil tidak sesui dengan mod atau batre dapat menyebabkan ledakan. Ini merupakan salah satu faktor utama penyebab vape meledak yang berasal dari kesalahan user atau pengguna.

Pada dasarnya untuk memperbanyak uap vapor yang dihasilkan tidak perlu memodifikasi perangkat vaporizer anda. Melainkan anda dapat melakukan beberapa trik seperti yang sudah saya bahas sebelumnya dalam artikel Cara Memperbanyak Uap Vapor yang Aman

Baterai yang Tidak Sesuai
Penyebab vape meledak yang selanjutnya datang dari faktor baterai. Terdapat banyak sekali jenis baterai di dunia ini. Katakanlah terdapat dua baterai yakni IMR dan ICR. dan kita memilih ICR baterai yang mengandung cobalt untuk ditaruh dalam vapor kita. Bahan cobalt ini tentunya akan memerlukan sebuah rangkaian proteksi yang kuat. Hal ini disebabkan karena cobalt memiliki batasan toleransi stres yang jauh lebih rendah dari bahan lainnya. Jiks baterai jenis ICR dipaksakan menerima beban ohm yang kecil maka tidak menutup kemungkinan rangkaian proteksi yang melindungi cobalt akan rusak. Akhirnya ion cobalt akan keluar dan dapat menimbulkan ledakan.

Vaping dan Charging Bersamaan
Inilah kasus yang paling banyak ditemui di kalangan vaper pemula. Karena tidak sabar untuk merasakan sensasi vaping akhirnya vaper memaksakan menggunakan vaporizernya meskipun kapasitas baterai belum terisi penuh dan masih dalam keadaan dicharge. Hal ini sangat berbahaya karena dapat berpotensi membuat vape meledak. Pemakaian yang dilangsungkan berbarengan dengan proses charging dapat membuat baterai kepanasan dan bocor. Jika baterai sudah bocor dan hal ini dilakukan berulang-ulang dapat menjadi penyebab vaporizer meledak.

Kesehatan dan keselamatan merupakan dua hal yang harus diutamakan dalam melakukan aktivitas apapun. Dalam kasus ini adalah vaping. Melakukan vaping tidak boleh sembarangan dan sesuka hati karena resiko yang ditimbulkan adalah vaporizer bisa meledak. Penyebab vape meledak bisa datang dari mana saja. Maka dari itu sebagai seorang vaper anda harus merawat dan melakukan cek secara berkala terhadap rokok elektrik anda. Jika terjadi kerusakan komponen maka hentikanlah aktivitas vaping anda sementara lalu servis dan perbaiki vaporizer anda.

Itulah artikel tentang 6 Penyebab Rokok Elektrik (Vapor) Meledak dan Bahayanya yang dapat saya sampaikan. Jika anda seorang vaper tidak ada salahnya anda berhati-hati dalam menggunakan vaporizer anda. Penggunaan yang tepat dan benar dapat melindungi anda dari bahaya ledakan yang dapat timbul. Terimakasih.
advertisement
Loading...
loading...