6 Cara Mengobati Mata Merah Karena Belekan

ads
Cara Mengobati Mata Merah Karena Belekan - Mata belekan merupakan keadaan dimana mata mengalami sakit yang diikuti dengan gejala berupa mata merah. Penyakit mata merah yang satu ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal umur. Balita, anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun dapat terserang mata belekan. Orang yang terkena mata belekan cenderung akan merasakan gatal dan lengket di sekitar area kelopak mata. Ini merupakan gejala awal dari mata belekan.

Belekan merupakan keadaan dimana mata kita mengeluarkan cairan berlebihan berupa lendir yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada mata. Umumnya gejala awal mata belekan ini akan terjadi pada saat malam hari dimana mata kita mengeluarkan lendir kental yang membuat kita susah untuk membuka mata di pagi hari. Banyak orang mencari cara untuk mengobati mata belekan dengan cepat karena umumnya penderita belekan akan merasa tidak nyaman dengan kondisinya.

Belekan sendiri merupakan sebutan dalam bahasa jawa untuk mata merah. Umumnya belekan berlangsung selam 4 sampi dengan 7 hari tergantung pada cara kita menanganinya. Jika mata belekan tidak segera diobati tidak menutup kemungkinan akan meradang dan bertambah parah. Cara mengobati mata belekan pun juga tidak sembarangan mengingat penyakit ini menyerang salh satu organ vital yakni mata. Maka dari itu diperlukan pengobatan dan penanganan yang khusus dan ekstra hati hati untuk menghilangkannya.
cara mengobati mata belekan

Seperti yang sudah kita bahas di atas, Penyebab mata belekan bervariasi. Berikut adalah beberapa penyebab utama mata belekan adalah:

  1. Mata mengalami infeksi akibat kuman dan bakteri
  2. Kurang bisa menjaga kesehatan mata
  3. Kurang menjaga kebersihan lingkungan sekitar terutama bantal dan kasur sehingga kuman dapat masuk ke mata.
  4. Mata mengalami reaksi yang disebabkan oleh alergi (debu, asap, dll)

Gejala mata belekan yang sering timbul adalah:

  1. Area kelopak mata bagian dalam sering terasa gatal.
  2. Mata selalu berair (selalu mengeluarkan air)
  3. Kelopak mata terasa lengket di pagi hari.
  4. Susah untuk membuka mata di pagi hari. 
  5. Dalam beberapa hari warna mata akan berubah menjadi merah.
Setelah mengetahui gejala belekan maka kita dapat mengambil langkah penanganan agar belekan tidak bertambah parah. Dalam beberapa kasus belekan juga dapat menular dengan melakukan kontak fisik dengan orang yang sudah terkena belekan.


Cara Mengobati Mata Belekan Atau Mata Merah

Pada dasarnya terdapat banyak sekali cara untuk mengobati mata belekan. Mulai dari pengobatan tradisional hingga menggunakan obat yang diberikan oleh dokter. Orang jaman dulu umumnya memilih menggunakan pengobatan tradisional dan alami untuk mengobati belekan agar tidak membahayakan mata. Kali ini Kacamatasehat akan memberikan tips dan cara yang aman untuk mengobati mata belekan atau mata merah.

Kurangi Mengucek Mata
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah jangan terlalu sering mengucek mata anda meskipun anda merasa gatal, perih, dan ada sesuatu yang mengganjal di mata anda. Melakukan kontak fisik dengan mata sangat rawan karena terdapat banyak sekali kuman dan bakteri pada tangan kita. Dengan tidak mengucek mata akan menjaga mata kita dari infeksi dan peradangan.

Menggunakan Daun Sirih
Daun sirih merupakan bahan alami yang kaya akan manfaat dan mengandung antibiotik alami. Tidak heran jika daun sirih kerap digunakan untuk menghilangkan infeksi dan lain sebagainya. Karena mengandung antibiotik yang aman untuk organ vital, kita dapat menggunakan daun sirih untuk menyembuhkan dan mengobati mata belekan.
Cara mengobati mata belekan dengan daun sirih

Untuk mengobati mata belekan menggunakan daun sirih anda harus menyiapkan beberapa lembah daun sirih yang sudah dicuci bersih sebelumnya. Rebus daun sirih tersebut dengan diberi sedikit taburan garam dapur. Angkat dan dinginkan daun sirih dan peras daun sirih tadi menggunakan kain bersih. Air perasan daun sirih inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk mengobati mata merah karena belekan.

Cuci bersih wajah anda hingga bersih termasuk area mata yang terkena belekan. setelah itu oleskan secara perlahan air perasan daun sirih tadi ke area mata yang terkena belekan. tunggu beberapa menit, lalu ulangi langkah sebelumnya beberapa kali. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan cara ini dua kali sehari secara teratur.

Kompres Mata
Menggunakan kompres mata sebagai obat sakit mata belekan merupakan cara yangpaling mudah untuk dilakukan dan terbukti ampuh untuk menghilangkan rasa gatal akibat infeksi. Cara mengompres mata cukup mudah yakni cukup gunakanhanduk bersih yang dicelupkan kedalam air hangat sebagai kompres.Letakkan kain yang sudah kita basahi dan kita peras pada area mata belekan dan diamkan selama beberapa lama, ulangi langkah sebelumnya beberapa kali agar hasil lebih maksimal. Tidak hanya mengurangi rasa gatal, namun penggunaan kompres mata juga dapat mengurangi bengkak pada area sekitar kelopak mata dan dapat mengencerkan belekan beku yang mengendap di area mata.

Menggunakan Madu
Madu merupakan bahan alami yang banyak digunakan dalam bidang kesehatan hingga kecantikan, khasiat madu yang kaya akan vitamin dan ineral menjadikan madu menjadi bahan serbaguna. Selain digunakan untuk menghaluskan kulit dan menghilangkan jerawat, ternyata madu juga dapat digunakan untuk mengobati mata belekan.
Cara mengobati mata belekan dengan madu

Siapkan madu murni secukupnya sebagai bahan utama. Sebelumnya bersihakan area mata anda terlebih dahulu. Cara mengobati mata merah karena belekan cukup dengan meneteskan madu pada area mata yang terkena belekan secara perlahan. Untuk hasil yang lebih maksimal lakukan cara ini secara berkala setiap hari.

Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih merupakan rempah-rempah yang sering dijadikan bumbu dapur dan terkenal perih jika terkena mata. Namun siapa yang menyangka bahwa bawang putih dapat menjadi obat sakit mata belekan yang sangat efektif dan ampuh cara menggunakannya juga lumayan mudah.
Cara mengobati mata belekan dengan bawang putuih

Sebelumnya bersihkan dahulu wjah anda dengan cara mencuci bersih dengan sabun, hilangkan juga kotoran yang terdapat pada mata. Siapkan satu siung bawang putih, Kupas hingga bersih dan potong ujung bawang putih tersebut lalu secara perlahan oleskan potongan ujung bawang putih tersebut pada ujung permukaan kelopak mata. Ingat ujung kelopak mata bukan pada mata.

Cara ini sangat efektif namun anda harus dapat menahan rasa pedih yang ditimbulkan oleh bawang putih ini. Penggunaan bawang putih untuk mengobati mata belekan sangat efektif jika dilakukan di malam hari sebelum tidur.

Menghindari Alergi Pada Mata
Alergi merupakan salah satu penyebab terjadinya mata belekan. Seperti contoh alergi debu, alergi asap dan lain sebagainya. Biasanya mata yang alergi akan mengalami reaksi alergi yang disebabkan oleh kuman dan bakteri.

Jika anda memilih menggunakan obat sakit mata yang beredar di apotek maka perhatikanlah kandungan zat dan bahan-bahannya agar tidak terjadi reaksi alergi yang dapat membuat mata belekan anda semakin parah.

Jangan Menggaruk Mata Anda
Sama seperti mengucek mata, Menggaruk mata juga sangat dilarang karena dengan menggaruk mata akan memperburuk keadaan anda. Kuman dan bakteri adalah penyebab utama terjadinya mata belekan. Kuman dapat berpidah ke area mata pada saat kita menggaruk atau mengucek mata kita. Disamping berpotensi menyebabkan perpindahan kuman, menggaruk mata juga akan memperburuk keadaan karena juga berpotensi menyebabkan iritasi.

Jangan Terlalu Sering Memakai Obat Tetes Mata
Pada dasarna obat tetes mata memang dapat mengurangi dan menyembuhkan mata belekan. Namun jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata tanpa tujuan dan alasan yang jelas. Beberapa obat tetes mata mengandung zat yang dapat membahayakan mata jika dipakai terlalu sering.
Cara mengobati mata belekan dengan obat tetes mata

Dalam beberapa kasus penggunaan obat tetes mata yang terlalu sering dapat menimbulkan permasalahan mata kronis bahkan dapat menyebabkan kebutaan. Jika anda memilih menggunakan obat tetes mata maka tidak ada salahnya jika anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara menghilangkan dan mengobati mata belekan secara alami yang dapat anda praktekkan. Untuk menghindari mata belekan anda dapat melakukan beberapa cara yakni:

  1. menjaga kebersihan mata.
  2. Selalu mencuci tangan sebelum menyentuh mata.
  3. Membersihkan bantal dan kasur secara berkala.
  4. Menjaga mata dari alergi.
Sekian artikel yang membahas tentang cara mengobati mata belekan kali ini semoga bermanfaat. 
advertisement
Loading...
loading...