4 Cara Menghilangkan Tungau Di Kemaluan Dengan Cepat

ads
Cara Menghilangkan Tungau Di Kemaluan - Tungau kemaluan (kutu) atau yang lebih akrab disebut tengu dalam bahasa jawa adalah jenis hewan yang berukuran sangat kecil dan sulit untuk dilihat dengan mata telanjang. Jika diperhatikan lebih seksama kutu kemaluan ini akan berbentuk seperti bintik kecil berwana merah, biasanya hidup di lingkungan yang lembab. Tengu atau kutu kemaluan ini sering menyerang anak-anak yang biasanya gemar bermain di tempat lembab maupun tempat berpasir. Dalam beberapa kasus tidak jarang pula tungau kemaluan ini menyerang orang dewasa. Biasanya tungau kemaluan akan menjangkit pada area di sekitar kulit kelamin.

Tungau kemaluan yang memiliki bahasa ilmiah Phtirus pubis diklasifikasikan kedalam jenis parasit yang sumber makanannya adalah darah yang berasal dari dalam tubuh kita. Tungau kemaluan ini memiliki saluran khusus untuk menghisap darah dan menimbulkan efek gatal pada penderitanya. Selain efek gatal gigitan dari tungau kemaluan ini dapat mengakibatkan bengkak dan rasa panas terlebih lagi pada saat digaruk. Jika keadaan ini terus berangsung maka kulit sekitar kelamin akan mengalami lecet dan sakit. Dengan keadan ini tentunya akan membuat aktivitas kita terganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman terlebih lagi pada orang dewasa.

Cara Menghilangkan Tungau Kemaluan Atau Kutu Kemaluan
Hewan sejenis tengu atau kutu kemaluan

Mengingat ukuran tengu yang sangat kecil bahkan melebihi ukuran kutu rambut sekalipun dapat dipaastikan anda akan mengalami kesulitan dalam menghilangkannya. Namun masih terdapat beberapa cara untuk mengetahui letak kutu kemaluan ini. Biasanya kutu kelamin ini akan meninggalkan bekas benjolan berwarna merah setelah menggigit, disitulah area yang harus anda perhatikan dengan seksama. Jika anda melihat bintik kecil berwarna merah pada benjolan tersebut, maka itulah yang disebut tengu atau tungau kemaluan.

Kutu kemaluan atau tengu dapat muncul bukan tanpa sebab, dengan mengetahui penyebab kemunculan tengu kita dapat mengidektifikasi dan belajar agar tidak terkena lagi di kemudian hari.

cara menghilangkan kutu kemaluan dengan menjaga kebersihan tubuh


Dibawah ini merupakan penyebab tungau kemaluan muncul di tubuh kita:

  1. Kurang bisa menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Terutama pada area lembab dan berambut.
  2. Kurang menjaga kebersihan lingkungan karena biasanya tungau kemaluan hidup pada area kotor dan lembab seperti kasur, handuk dan lain sebagainya.
  3. Tidak pernah memperhatikan kebersihan pakaian terutama celana dalam.
  4. Berhubungan badan dengan orang yang sebelumnya sudah terjangkit kutu kemaluan.
  5. Pada anak-anak umumnya tungau dapat muncul karena mereka suka bermain di tempat berpasir dan tempat lembab seperti tumpukan batang padi dan lain sebagainya.

Ciri-ciri orang yang terkena tungau kemaluan adalah sebagai berikut:

  1. Pada area sekitar kelamin atau kemaluan terdapat bengkak benjolan berwarna merah seperti bekas gigitan serangga.
  2. Rasa gatal yang begitu hebat.
  3. Pada malam hari rasa gatal yang dirasakan akan semakit besar dan biasanya pada area kulit yang berambut.
  4. Dalam beberapa kasus rasa gatal juga dapat menyebar ke bagian tubuh lain karena sama seperti hewan lainnya tengu juga dapat berpidah-pindah.
  5. Dapat menyebabkan infeksi dan bengkak jika digaruk terus menerus.

Cara Menghilangkan Kutu Kemaluan atau Tengu
Setelah mengetahui penyebabnya sekarang saatnya anda menghilangkan parasit tersebut. Kacamatasehat akan memberikan beberapa cara cepat untuk menghilangkan tungau kemaluan ini.

Kapur Sirih
Berdasarkan pengalaman orang tua dan orang jaman dulu, Kutu kemaluan dapat dihilangkan dengan menggunakan kapur sirih yang dioleskan pada area sekitar kulit yang terkena tungau kemaluan. Dengan mengoleskan kapur sirih maka akan membuat kulit menjadi dingi dan akhirnya kutu dengan sendirinya akan melepaskan dirinnya dari kulit.

Tembakau
Tembakau dapat menjadi alternatif jika menggunakan kapur sirih tidak berhasil. Cara penggunannya juga sangat mudah yakni cukup mencapurkan tembakau dengan air secukupnya dan oleskan pada kulit yang terdapat tengu.

Tepung Jagung
Tepung jagung merupakan bahan makanan yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan oleh tungau. Pemberian tepung jagung secara berkala dapat menghilangkan tungau. Setelah cukup lama mengoleskan tepung jagung bersihkan area sekitar kulit yang digigit tungau dengan air dan sabun lalu keringkan dengan handuk.

Dengan Batang Padi
Menggunakan batang padi untuk menghilangkan tengu merupakan alternatif terakhir. Jika memang tidak bisa menghilangkan kutu ini dengan cara mudah maka anda dapat menghilangkannya dengan cara paksa. Cara menggunakannya yakni potong batang padi secara meruncing. Dengan sangat perlahan, cukil tengu yang menempel pada kulit hingga tengu berhasil diambil. Cara ini sering dilakukan pada anak-anak oleh orang tua mereka.



cara menghilangkan tungau kemaluan

Beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah munculnya tungau kemaluan adalah sebagai berikut

  1. Selalu menjaga kebersihan tubuh. Terutama area tubuh yang ditumbuhi oleh rambut.
  2. Sering mencuci rambut kemaluand dengan sabun atau sampo agar bersih dan terhindar dari kutu.
  3. Cukur rambut kemaluan secara berkala.
  4. Jaga kebersihan pakaian dan lingkungan seperti mencuci bersih setiap pakaian secepatnya.
  5. Bersihkan diri setelah bersentuhan dengan hewan.
  6. Selalu bersihkan kasur, bantal, handuk dan selimut secara berkala agar bebas dari kuman dan parasit.


Tungau kemaluan dapat muncul dan menggigit siapa saja, terutama orang yang kurang bahkan tidak pernah menjaga kebersihan tubuh. Pada usia anak-anak hingga remaja sangat rentan terhadap gigitan kutu kemaluan, hal ini disebabkan karena pada usia anak anak hingga remaja cenderung kurang bisa menjaga kebersihan tubuh. Maka dari itu jagalah kebersihan tubuh anda agar terhindar dari gigitan tengu atau tungau kemaluan.


advertisement
Loading...