3 Penyebab Utama Vaporizer Meledak

ads
Penyebab Utama Vaporizer Meledak - Vaporizer (vape) merupakan sebutan lain untuk rokok elektrik yang belakangan ini sangat populer digunakan di kalangan perokok. Sama seperti barang elektronik pada umumnya vaporizer menggunakan baterai sebagai sumber tenaga utama. Hal ini sangat berbeda dengan rokok rokok biasa yang hanya menggunakan bara api sebagai tenaga panas. Didalam vaporizer kita akan mengenal istilah Mod, Baterai, Liquid dan Automizer, Keempat komponen ini tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan merupakan komponen utama dari rokok elektrik (vapor).

Mungkin beberapa minggu belakangan kita telah mendengar kabar berita yang kurang enak yakni vaporizer meledak saat digunakan atau ketika proses charging. Peristiwa ini akhirnya memicu tanda tanya besar, apakah vaporizer dapat meledak? Apa penyebab vaporizer meledak?, untuk menjawab pertanyaan tersebut maka terlebih dahulu kita harus mengingat dan mempelajari lebih dalam tentang vaporizer.

Sama seperti barang elektronik lainnya yang menggunakan baterai, vaporizer juga dapat berpotensi meledak jika mengalami kerusakan dan tidak segera ditangani. Semisal terjadi kasus baterai vaporizer kepanasan karena proses charging dilakukan bersamaan dengan aktivitas vaping. Hal ini sangatlah berbahaya karena dapat menjadi penyebab utama vaporizer meledak. Dampak yang dihasilkan dari ledakan rokok elektrik ini juga tidak tanggung-tanggung karena efek ledakan sama seperti petasan. Ibaratkan ketika anda melakukan vaping anda sedang menghisap bom waktu yang siap meledak kapan saja. Karena hal inilah banyak orang masih berpikir dua kali untuk beralih dari rokok biasa ke rokok elektrik.

Penggunaan vaporizer dan rokok biasa memang sangat jauh berbeda, jika rokok biasa menggunakan tenaga panas dari bara api untuk mengubah tembakau menjadi asap. Maka vaporizer menggunakan panas yang dihasilkan automizer untuk mengubah liquid menjadi kepulan uap. Sensasi yang didapatkan pun juga tidak kalah dengan rokok pada umumnya. Liquid sendiri merupakan cairan yang terdiri dari vegetable glyserine, propylene glycole, dan perisa. Namun karena semakin populernya penggunaan vapor akhirnya banyak produsen liquid menabahkan nikotin dan tar sebagai bahan tambahan liquid.

Meskipun terkesan canggih dan modern, namun pada kenyataanya vaporizer lebih berbahaya dari pada rokok konvensional. Hal ini disebabkan karena vaporizer termasuk dalam kategori barang elektronik pada umumnya yang menggunakan tenaga baterai. Terbayang bukan jika baterai mengalami kerusakan tentunya dapat menjadi penyebab vaporizer meledak yang paling utama.

Penyebab Utama Vaporizer Meledak

Dari pernyataan diatas dapat kita simpulkan bahwa penggunaan vaporizer ternyata tidak seaman yang kita kira kerana vaporizer juga dapat rusak dan meledak seperti barang elektronik lainnya. Hal ini dapat dijadikan sebagai perbandingan dan pertimbangan ketika anda ingin beralih untuk menggunakan rokok elektrik. Terdapat 3 faktor utama yang menjadi penyebab vaporizer meledak yakni faktor pengguna, faktor kerusakan vaporizer dan faktor kesalahan pemakaian.

Faktor Pengguna
Faktor pengguna adalah faktor pertama yang menjadi penyebab vaporizer meledak karena pada dasarnya keselamatan dan keamanan ditentukan oleh pengguna itu sendiri. Seperti yang kita ketahui automizer adalah komponen penghasil panas yang dapat mengubah liquid menjadi kepulan uap. Namun beberapa vaper umumnya masih merasa kurang puas karena uap vapor yang dihasilkan kurang banyak. Akhirnya mereka memilih untuk memodifikasi vaporizer mereka sendiri dengan cara mengganti lilitan kawat pada coil sehingga arus masuk semakin tinggi dan uap vapor yang dihasilkan semakin banyak. Sebenarnya cara ini sangat dilarang dan tidak direkomendasikan karena dianggap berbahaya.

Didalam vaporizer terdapat serangkaian lilitan untuk mejaga arus listrik yang masuk kedalam baterai agar tidak bocor. Jika lilitan tidak kuat menahan arus yang masuk dapat dipastikan baterai akan bocor sehingga ion ion akan keluar dan menimbulkan ledakan

Dapat disimpulkan bahwa faktor pengguna yang memodifikasi (do it yourself) merupakan salah satu faktor utama penyebab vaporizer meledak. Pada dasarnya setiap jenis vaporizer sudah diatur dan kita hanya tinggal memakainya saja.

Faktor Kerusakan pada Vaporizer

Kerusakan utama yang dapat menyebabkan vaporizer meledak tidak lain dan tidak bukan adalah bocornya baterai pada vapor. Jika baterai bocor dan tidak segera diganti maka ion ion pada baterai akan keluar. Ion inilah yang nantinya akan menimbulkan ledakan. Jika dirasa baterai vapor anda bocor, maka hentikanlah aktivitas vaping anda sementara dan perbaiki vaporizer anda.

Faktor Penggunaan

Faktor penggunaan disini maksudnya adalah aktivitas vaping yang dilakukan bersamaan dengan proses charging. Umumnya para vaper pemula tidak sabaran dalam menggunakan vaporizer mereka, pada setiap pembelian unit vaporizer umumnya akan disertai dengan buku petunjuk penggunaan. Namun buku petunjuk ini sering kali diabaikan oleh para vaper padahal didalam buku ini terdapat informasi lengkap cara menggunakan vapor yang benar dan aman.

aktivitas vaping yang dilakukan bersamaan dengan proses charging tentunya dapat membuat baterai mengalami peningkatan suhu. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus maka lambat laun baterai akan mengalami kebocoran. Hal inilah yang menjadi penyebab utama vaporizer meledak ketika dipakai. Dapat dibawangkan bukan ketika sedang menghisap vapor tiba-tiba vapor tersebut meledak di wajah kita?

Untuk lebih amannya lakukanlah perawatan rutin pada vaporizer anda. jika terjadi kerusakan maka hentikanlah aktivitas vaping anda dan segera lakukan perbaikan. Ketika proses charging berlangsung tunggulah baterai vapor terisi penuh sebelum digunakan untuk meminimalisir terjadinya ledakan.
advertisement
Loading...
loading...